Antam akan dirikan pabrik zirkonia

Oleh Veri Nurhansyah Tragistina – Rabu, 06 Maret 2013 | 06:55 WIB

JAKARTA. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) akan mendirikan pabrik pemurnian zirkonium menjadi zirkonia. Pabrik tersebut berada Mandor, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Rencana tersebut berasal dari informasi peningkatan kemampuan peneliti dan perekayasa (PKPP) Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Proyek tersebut melibatkan tiga pihak.

Pertama, Aneka Tambang (Antam) sebagai penyedia modal pembangunan pabrik. Kedua, Pusat Teknologi Akselerator dan Proses Bahan (PTAPB) bertindak sebagai penyedia paket teknologi proses pabrik zirkonia. Ketiga, Pemerintah Daerah Kabupaten Landak bertindak sebagai penyedia lokasi pabrik dan sumber bahan baku.

Menurut tim penelitian dan pengembangan (litbang) PTAPB, mineral zirkon sangat potensial untuk diolah sebagai bahan baku industri nuklir maupun non-nuklir. Namun, Teddy Badrujaman, Sekretaris Perusahaan Antam masih enggan membeberkan soal rencana ini. “Untuk komoditi lain terbuka dipelajari tapi masih jauh,” terang dia, Selasa (5/3) pada KONTAN.

Selain menggarap proyek tersebut, Antam tengah menggarap proyek pabrik feronikel line-4 di Pomalaa, Sulawesi Tenggara. Nilai proyek tersebut sebesar US$ 102 juta.

Pembangunan line-4 merupakan bagian proyek perluasan pabrik feronikel Pomalaa. Sebelumnya, nama proyek ini adalah modernisasi dan optimasi pabrik feronikel Pomalaa dan pembangunan coal fired power plant (MOP-PP).

Nilai total investasi proyek ini US$ 450 juta-US$ 500 juta. Ini untuk meningkatkan efisiensi dan kapasitas pabrik feronikel.

Tak hanya itu, Antam juga telah mendapat restu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral maupun Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk membeli 7,5% saham PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) dari Newcrest Mining Limited.

Transaksi penambahan kepemilikan saham nilainya US$ 160 juta. Nantinya, kepemilikan ANTM di NHM naik menjadi 25% dari 17,5%. Saham Newcrest pada NHM melorot jadi 75% dari 82,5%. Harga saham ANTM, Selasa (5/3), tak bergeming di Rp 1.290.

http://investasi.kontan.co.id/news/antam-akan-dirikan-pabrik-zirkonia

Leave a comment

Filed under IdMEI, Mining

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s