Pemerintah tetapkan harga feed-in-tariff PLTS

Oleh Herlina KD – Selasa, 05 Maret 2013 | 20:22 WIB

JAKARTA. Pemerintah menetapkan harga pembelian listrik oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dikelola oleh swasta dengan sistem feed-in-tariff. Harga feed-in-tariff yang ditetapkan pemerintah adalah setinggi-tingginya $0,25 per kWh.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana menuturkan, harga ini telah sesuai dengan usulan yang diajukan ESDM. Namun, jika dalam lelang nanti PLN bisa mendapatkan ahrga yang lebih rendah, maka harga beli listrik yang dipakai adalah harga yang didapat dari hasil lelang.

Harga $0,25 per kWh berlaku selama 20 tahun sejak tandatangan kerjasama pasokan listrik antara PLN dengan masing-masing investor PLTS. Nah, “Nanti (harganya) akan turun secara bertahap setelah beberapa tahun. Nah berapa besar penurunan harganya itu akan dilihat dari investment rate of return (IRR),” kata Rida, Selasa (5/3).

Rida menambahkan, Kementerian ESDM saat ini tengah memfinalisasi Peraturan Menteri ESDM tentang feed in tarif untuk PLTS. Ia berharap, dalam bulan ini beleid yang mengatur tentang tarif jual beli listrik dari PLTS bisa segera rampung.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengungkapkan pada prinsipnya pemerintah telah sepakat untuk mengambil kebijakan pembangunan PLTS di wilayah terpencil yang tidak memungkinkan untuk membangun pembangkit listrik dengan sumber energi yang lain. “Kami sepakati memakai PLTS dan dibantu dengan sistem feed in tarif yang dilakukan secara kompetitif sebagai solusi bagi masalah listrik di daerah terisolir,” katanya.

http://nasional.kontan.co.id/news/pemerintah-tetapkan-harga-feed-in-tariff-plts

Leave a comment

Filed under Power

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s