Dukung Gas Domestik, PGN Bangun Jalur Pipa Gas Panaran-Tanjung Uncang

Senin, 11 Maret 2013, 10: 2: 48 WIB

Jakarta, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) akan memulai tahapan kontruksi pembangunan jaringan pipa gas dari Panaran – Tanjung Uncang Pipeline Project (CP-8) di Batam, Kepulauan Riau, April mendatang. Proyek infrastruktur gas senilai Rp 183 miliar ini dibangun sebagai antisipasi pasokan gas dari Premier Oil melalui kesepakatan antara PLN dan Universal Batam Energy.

Sekretaris Perusahaan PGN Heri Yusuf menjelaskan, penandatanganan kontrak jasa konstruksi pipa gas Panaran – Tanjung Uncang sepanjang 18 km telah dilakukan dengan Krakatau Engineering pada bulan Februari 2013. Lingkup pekerjaan jasa konstruksi tersebut meliputi kegiatan engineering, procurement (pengadaan) dan konstruksi.

“Proyek pipa gas berdiameter 16 inchi ini kami targetkan selesai dan bisa dioperasikan pada triwulan pertama tahun 2014,” jelas Heri di Jakarta, Minggu (10/3).

Saat ini, seluruh kelengkapan proyek seperti pipa sudah siap dikirim ke Batam untuk segera dilaksanakan konstruksi. Pipa baja yang akan digunakan dalam proyek ini diproduksi PT Krakatau Heavy Industries  dan  PT Steel Pipe Industries of Indonesia.

Pembangunan pipa Panaran – Tanjung Uncang merupakan bagian dari upaya PGN untuk terus meningkatkan infrastruktur gas di Indonesia. Langkah ini juga dilakukan untuk membangun sinergi dalam rantai pengelolaan gas bumi di dalam negeri yang melibatkan tiga unsur yaitu pasokan, infrastruktur dan pasar.

“PGN memiliki komitmen yang sama dengan pemerintah untuk terus meningkatkan kapasitas penggunaan gas bumi di dalam negeri. Pembangunan pipa gas Panaran-Tanjung Uncang ini merupakan bentuk dukungan nyata PGN terhadap penyerapan alokasi gas domestik untuk wilayah Batam,” katanya. (Tursilowulan)

http://www.migas.esdm.go.id

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s