Kebutuhan Gas Industri Capai 2.130 MMSCFD

Rabu, 13 Maret 2013 | 11:55

JAKARTA-Kementerian Perindustrian menyatakan kebutuhan gas untuk industri mencapai 2.130 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd) guna mencakup kebutuhan bahan baku dan sumber energi.

“Kebutuhan gas bumi untuk industri saat ini mencapai 2.130 mmscfd mencakup kebutuhan untuk bahan baku sebanyak 1.022 mmscfd dan untuk energi sebesar 1.108 mmscfd,” kata Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur Kemenperin dalam seminar mengenai keterbukaan akses energi untuk industri nasional di Jakarta, Rabu (13/3).

Menurut Panggah seperti dikutip dari Antara,  pembangunan industri yang berdaya saing tinggi dan berkesinambungan bergantung pada dua faktor kunci, yakni ketersediaan bahan baku dan pasokan energi.

Kedua faktor itu, lanjut dia, menentukan perkembangan industri. Panggah juga menekankan pentingnya ketersediaan pasokan gas bumi karena berfungsi sebagai bahan baku sekaligus sumber energi.

“Pemanfaatan gas bumi sebagai bahan baku industri dalam negeri juga sejalan dengan kebijakan pemerintah mendorong hilirisasi industri guna mendukung peningkatan nilai tambah di dalam negeri,” katanya.

Total kebutuhan gas untuk industri itu, menurut Panggah, juga akan terus meningkat seiring dengan rencana pengembangan industri di masa depan. Terlebih, pertumbuhan industri yang dianggap sebagai motor perekonomian akan terus digenjot pemerintah sesuai dengan target sebesar 7,14 persen pada tahun ini.

Kendati demikian, industri dalam negeri saat ini dihadapkan pada kondisi belum terpenuhinya kebutuhan gas. Beberapa di antaranya adalah kontrak pengadaan gas yang masih di bawah kebutuhan dan volume kontrak yang belum terpenuhi.

“Industri juga dihadapkan pada rencana kenaikan harga gas per medio April, hal ini bisa menjadi tantangan bagi sektor industri di tengah kenaikan TDL dan UMK,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Subdirektorat Pengangkutan Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral I Gusti Suarnaya Sidemen mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya mendorong pengadaan pasokan gas untuk industri.

“Fokus kami ke depan adalah pencarian sumber gas baru, termasuk dari luar, pengembangan infrastruktur, serta terus melibatkan sektor industri dan swasta untuk dukung infrastruktur,” katanya.(*/hrb)

http://www.investor.co.id/energy/kebutuhan-gas-industri-capai-2130-mmscfd/56601

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s