Pertagas Usulkan Komite Nasional Awasi Infrastruktur Gas

Rabu, 13 Maret 2013 | 15:41

JAKARTA-Direktur Utama PT Pertamina Gas (Pertagas) Gunung Sardjono Hadi mengusulkan pembentukan komite khusus untuk mengawasi pelaksanaan integrasi infrastruktur gas dan penentuan harga gas optimal di Indonesia.

“Kami usulkan ada komite khusus yang di-‘endorse’ oleh pemerintah langsung untuk atasi masalah yang ada, karena DPR saat ini belum mampu atasi semua secara keseluruhan,” kata Gunung dalam seminar mengenai keterbukaan pipa akses untuk mendukung industri nasional di Jakarta, Rabu (13/30.

Menurut dia, komite khusus itu diharapkan bisa menghasilkan kebijakan pertumbuhan industri yang dapat mendukung pemanfaatan gas untuk kebutuhan energi nasional serta meningkatkan daya saing industri gas.

Nantinya, anggota komite itu akan terdiri atas perwakilan produsen gas, transporter, niaga, pengguna akhir, institusi finansial dan asosiasi terkait.

Pembentukan lembaga yang didukung pemerintah itu diharapkan bisa saling memberikan pemahaman antara pihak terkait yang selama ini seringkali tak seirama seperti Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan.

Selain itu, Gunung menilai pentingnya memetakan dan mengenali kemampuan beli konsumen. Pemerintah, lanjutnya, juga perlu mengatur dan mengendalikan penjualan gas termasuk strategi harga untuk menjaga kepentingan pengguna akhir (end user) gas.

Gunung juga menambahkan pemerintah perlu memberikan dukungan melalui kebijakan khusus pengalokasian gas untuk menjamin ketersediaan gas yang akan dialirkan melalui pipa “open access.” “Juga mempermudah investor dalam pembebasan lahan, serta melakukan koordinasi dan pengawasan pelaksanaan segmentasi jaringan distribusi gas,” katanya.

Di samping itu, Gunung juga menilai pemerintah perlu menetapkan tarif sementara yang berbasis volume dan investasi sebelum tarif permanen ditetapkan BPH Migas. Penetapan tarif sementara itu dinilai akan memudahkan investor dan calon “shipper” melakukan perhitungan bisnis.(ant/hrb)

http://www.investor.co.id/energy/pertagas-usulkan-komite-nasional-awasi-infrastruktur-gas/56630

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s