ELSA siapkan dana ekspansi US$ 36,6 juta di 2013

Oleh Dea Chadiza Syafina, Agustinus Beo Da Costa – Kamis, 14 Maret 2013 | 15:08 WIB

JAKARTA. PT Elnusa Tbk (ELSA) mengatakan penerbitan saham baru atau rights issue baru akan dilakukan di tahun 2014. Sebab untuk tahun ini, ELSA hanya memerlukan dana ekspansi sebesar US$ 36,6 juta.

em>Division Head of Corporate Secretary PT Elnusa Fajriyah Usman menjelaskan, dana sebesar US$ 36,6 juta itu untuk mengembangkan bisnis migas ELSA sebagai existing business. Sekitar 60% digunakan untuk bisnis jasa pelayanan minyak (oil field services) seperti membeli peralatan pumping mud services dan barges.

Dana itu akan berasal dari kas internal dan pinjaman bank. Dana yang berasal dari kas internal hanya sebagian kecil karena Fajriyah memperkirakan posisi kas dan setara kas sampai dengan saat ini hanya berjumlah sekitar Rp 900 miliar-Rp 1 triliun.

“Untuk kebutuhan US$ 36 juta itu kami akan sounding ke bank. Jika nanti diperlukan, kami akan mengajukan additional loan, dan mereka sudah menyanggupi,” kata Fajriyah. Yang dimaksudkan Fajriyah adalah pinjaman tambahan dari sindikasi bank lima bank asing dan lokal. Tahun lalu, ELSA memperoleh komitmen pinjaman sebesar US$ 113 juta dari sindikasi lima bank tersebut. ELSA sudah merealisasikan pinjaman itu sehingga sekarang tinggal tersisa US$ 9 juta.

Kontrak baru

Untuk tahun ini, ELSA menargetkan bisa memperoleh kontrak senilai US$ 327 juta. Dikatakan Fajriyah, sampai dengan bulan Maret ini, ELSA telah mengantongi kontrak sebesar US$ 154 juta.

Kontrak target tersebut, menurut Fajriyah sebagian besar merupakan kontrak bawaan atau carry over kontrak tahun 2012. “Kontrak target yang kami dapatkan cukup baik. Karena kami sudah mendapatkan 47% kontrak target dari kontrak target keseluruhan, sebelum akhir kuartal I tahun ini,” kata Fajriyah di Gedung Elnusa, Jakarta, Kamis (14/3).

Kontrak target yang telah didapat oleh anak usaha PT Pertamina Persero ini, adalah kontrak dalam Divisi Pelayanan Lapangan Minyak (Oil field services). Kontrak tersebut adalah untuk kontrak jasa perawatan sumur minyak yang diperoleh dari Total E&P di Blok Mahakam.

http://investasi.kontan.co.id/news/elsa-siapkan-dana-ekspansi-us-366-juta-di-2013

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s