Pengoperasian 30% Proyek PLTP Bakal Mundur

Kamis, 14 Maret 2013 | 16:31

JAKARTA – Pemerintah memperkirakan pengoperasian sekitar 30% proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) yang masuk dalam program percepatan pembangunan pembangkit berkapasitas 10.000 MW tahap kedua bakal mundur dari jadwal semula.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman di Jakarta, Kamis, mengatakan sebagian besar proyek mundur dikarenakan permasalahan lahan hutan.

“Memang ada beberapa proyek panas bumi yang tidak tepat waktu dan jadwalnya mundur, tapi tidak mempengaruhi pasokan listrik,” katanya.

Menurut dia, proyek 10.000 MW (fast track program/FTP) tahap kedua yang mengalami keterlambatan itu hanya berasal dari panas bumi.

Jadi, dari total kapasitas proyek panas bumi dalam program 10.000 MW sebesar 4.900 MW, hanya 30% yang kemungkinan mundur. “Sementara, sebagian besar proyek panas bumi lainnya dan proyek lainnya di luar panas bumi masih sesuai jadwal,” katanya.

Menurut dia, pemerintah sudah mengantisipasi keterlambatan proyek panas tersebut.

Selain program 10.000 MW, lanjutnya, pemerintah mempunyai proyek reguler lainnya baik yang dikerjakan PT PLN (Persero) maupun swasta yang bisa menyubstitusi proyek panas bumi yang mundur.

“Di luar itu, saat ini, tingkat cadangan daya pembangkit juga tinggi yakni mencapai 30% dan itu cukup mengantisipasi keterlambatan proyek yang ada,” ujarnya.

Namun demikian, menurut dia, pemerintah akan mencoba lebih mempercepat proyek-proyek 10.000 MW melalui koordinasi dengan Kementerian Kehutanan dan pemerintah daerah.

Pemerintah menargetkan proyek 10.000 MW tahap kedua sudah mulai beroperasi 2014. Pembangkit pertama yang beroperasi adalah PLTP Patuha Unit 1 berkapasitas 60 MW. Secara total pada 2014, proyek yang direncanakan beroperasi berkapasitas 403 MW. Lalu, proyek yang beroperasi akan terus bertambah hingga terakhir tahun 2021. (gor/ant)

http://www.investor.co.id/energy/pengoperasian-30-proyek-pltp-bakal-mundur/56741

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s