Pertagas akan bangun pipa Arub-Belawan 370 km

Oleh Diemas Kresna Duta – Rabu, 13 Maret 2013 | 19:41 WIB

JAKARTA. PT Pertamina Gas (Pertagas) bakal melanjutkan sejumlah proyek pembangunan pipa di beberapa daerah. Di Aceh, anak usaha PT. Pertamina (Persero) ini diketahui akan memulai pembangun pipa gas open access Arun-Belawan berukuran 24 inch. Adapun panjang pipanya mencapai 370 Km.

“Saat ini kami sedang menyelesaikan urusan pembebesan lahan dan pengadaan pipa serta kompresor. Mudah-mudahan, beberapa bulan kedepan sudah selesai dan proyek pembangunan infrastruktur bisa dimulai,” terang Direktur Utama Pertagas, Gunung Sardjono Hadi kepada wartawan, Rabu siang (12/3).

Gunung optimis proyek yang akan menelan biaya sekitar US$ 500 juta itu dapat diselesaikan lebih cepat. Ini dilakukan guna menjamin ketersediaan pasokan ke wilayah Aceh dan Sumatera Utara yang diketahui tengah mengalami krisis gas. Ia mengatakan jaringan pipa tersebut bakal selesai pada Oktober 2014 mendatang.

“Sebelumnya, proyek pipa gas Arun-Belawan diperkirakan akan selesai di Desember 2014. Karena kebutuhannya sudah mendesak, kami coba genjot proyek itu lebih cepat,” terangnya.

Selain Arun-Belawan, tambah Gunung, perusahaannya pun mengaku akan memulai pekerjaan proyek pipa gas ruas Gresik-Semarang. Adapun jaringan pipa yang melintasi dua provinsi ini akan memiliki panjang sekitar 267,2 Km dan diameter 28 inch. Ia mengatakan, studi lingkungan dan proses FEED dari infrastruktur pipa itu sudah selesai 100 persen.

“Status dan hak khusus Pipa Gresik-Semarang nantinya akan dimiliki oleh Pertamina. Kami juga sedang bekerjasama dalam pembangunan pipa Semarang-Cirebon dengan panjang 271 Km yang nantinya hak khusus akan dimiliki ke PT. Rekayasa Industri ,” katanya.

http://industri.kontan.co.id/news/pertagas-akan-bangun-pipa-arub-belawan-370-km

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s