PTBA Jual Batubara ke Indonesia Power

Kamis, 14 Maret 2013 | 16:51

JAKARTA- PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA) meraih kontrak jual beli batubara sebesar 51,8 juta ton dengan PT Indonesia Power (PT IP). Kontrak itu akan digunakan untuk pasokan bahan bakar pembangkit listrik tenaga uap Suralaya di Merak, Banten.

“Penetapan harga batubara mengacu yang ditetapkan pemerintah dan biaya angkutan kereta api dari lokasi tambang menuju pelabuhan,” kata Sekretaris Perusahaan PTBA, Joko Pramono di Jakarta, Kamis, seperti dilansir Antara.

Ia menambahkan kontrak batubara itu dilakukan berdasarkan kesepakatan yang ditetapkan setiap tahunnya oleh PTBA-PT IP dengan masa berlaku mulai 1 Januari 2013-31 Desember 2022 dengan jenis batubara yang tertuang dalam kontrak sekitar 5.000 kcal/kg dengan sistem pembayaran FOB (Free on Board) Pelabuhan Tarahan.

“Apabila diekuivalen dengan harga saat ini dan biaya angkutannya, sekitar US$3,5 miliar,” katanya.

Joko menambahkan untuk antisipasi lonjakan penjualan batubara, PTBA juga melakukan komitmen dengan PT Kereta Api (Persero) untuk meningkatkan kapasitas angkutnya menjadi 22,7 juta ton per tahun mulai 2014-2029. PT KA membangun sebagian ruas jalan kereta apinya dengan jalur ganda sekitar 80 km dari Tanjung Enim hingga Prabumulih.

“Selain itu PT KA juga menambah 300 gerbong batubara yang sudah datang tahun lalu dan di 2013 ini PT KA berkomitmen kepada kami untuk mendatangkan lagi 44 lokomotif baru dan peningkatan infrastruktur lainnya,” paparnya.

Terkait target penjualan batubara PTBA, Joko mengemukakan pihaknya menargetkan naik tahun ini sebesar 35% menjadi 20,68 juta ton dari 15,3 juta ton di tahun lalu. (*/gor)

http://www.investor.co.id/energy/ptba-jual-batubara-ke-indonesia-power/56745

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s