Perjanjian Jual Beli Gas PGN & Banten Global Energy Selesai di Kuartal II

Lili Sunardi   –   Selasa, 19 Maret 2013, 16:27 WIB

JAKARTA–Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan perjanjian jual beli gas antara Premier Oil dengan perusahaan yang mendapatkan alokasi gas dari pertukaran gas Gajah Baru, Natuna selesai pada kuartal 2-2013.

Popi Ahmad Nafis, Kepala Monetasi Minyak dan Gas SKK Migas mengatakan saat ini pihaknya tengah mendorong agar PT perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk sebagai pihak yang berkontrak dengan Premier Oil mewakili PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan PT Banten Global Energy yang merupakan badan usaha milik daerah (BUMD) Banten.

Dalam pertukaran gas tersebut, PGN akan mendapatkan alokasi sebesar 25 mmscfd, PLN mendapatkan 5 mmscfd, dan 10 mmscfd untuk PT Banten Global Energy.

“Nanti yang melakukan perjanjian jual beli gas [PJBG] dengan Premier Oil hanya PGN, sedangkan PLN dan Banten Global Energy akan melakukan kesepakatan dengan PGN. Jadi PGN sebagai mediator untuk mempercepat proses penyelesaian kesepakatan PJBG itu,” katanya di Kantor Premier Oil, Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Seperti diketahui, Premier Oil melakukan pertukaran gas dari Lapangan Gajah Baru, Natuna dengan Conoco Philips karena persoalan infrastruktur. Dalam pertukaran itu, Premier harus mengalirkan gas kepada pelanggan Conoco Philips di Singapura, kemudian Conoco Philips akan mengalirkan gas kepada PLN Jawa Barat, PGN dan Banten Global Energy melalui pipa milik PGN.

Popi mengungkapkan meski PLN dan Banten Global Energy tidak secara langsung melakukan perjanjian dengan Premier Oil, harga gas yang harus dibayar dua perusahaan itu sama dengan harga yang tertera dalam PJBG antara PGN dengan Premier Oil.

“Harganya belum disepakati karena PGN belum menyampaikan tol fee untuk pengangkutan gas itu. jadi masih dihitung,” jelasnya.

Nantinya, pertukaran gas untuk tiga perusahaan yang berada di Jawa itu akan dihentikan setelah Premier Oil menyelesaikan pipa sambungan (tie in) dari pipa Natuna-Singapura West Natuna Transprtation System (WNTS) menuju Pulau Pemping dan disambung ke Pulau Batam melalui pipa yang dibangun PLN Batam.

Pertukaran gas Gajah Baru, Natuna antara Premier Oil-Conoco Philips sebesar 40 MMSCFD itu sebenarnya dialokasikan untuk PLN B’right Batam dan PT UBE. Akan tetapi, dikarenakan pembangunan pipa penyambung di Pulau Pemping belum selesai, maka pemerintah mengalokasikan gas dari pertukaran tersebut kepada PLN Jawa Barat, PGN dan Banten Global Energy.

“Swap [pertukaran] gas akan kami alihkan ke Batam kalau PLN B’right Batam dan PT UBE siap menerima gas. Sekarang kan mereka bar mendatangkan pembangkitnya. Kira-kira 2015 akan selesai pembangkitnya, jadi tinggal infrastrukturnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, SKK Migas juga memastikan alokasi sebanyak 5 MMSCFD untuk PLN Jawa Barat belum dapat diserap oleh pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) Muara Tawar, karena keterbatasan infrastruktur. Meski demikian, Mekanisme swap gasGajah Baru ke Singapura memang sudah berjalan, sehingga Indonesia terhindar dari pinalti.

Saat ini fasilitas penerima gas (onshore receiving facilities/ORF) yang dibangun oleh PGN di Muara Bekasi tak kunjung selesai, sehingga swap Gajah Baru ke Muara Tawar juga tidak berjalan.

Kepala Divisi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas PLN Suryadi Mardjoeki mengatakan PLN gagal menghemat sebesar Rp 1,6 triliun per tahun lantaran swap dari Lapangan Gajah Baru ke PLTGU Muara Tawar tidak kunjung terealisasi.

“Sayangnya dari Gajah Baru belum masuk sama sekali. Jadi sebagian kebutuhan beban puncak masih memakai BBM senilai Rp 1,6 triliun per tahun,” katanya.

Suryadi menjelaskan, kebutuhan gas di PLTGU Muara Tawar saat ini mencapai 125 MMSCFD saat beban dasar dan naik sebesar 80 MMSCFD ketika beban puncak. Sementara pasokan yang diterima PLN yaitu 100 MMSCFD dari PGN dan 45 MMSCFD dari swap Lapangan Jambi Merang.

http://web.bisnis.com/perjanjian-jual-beli-gas-pgn-banten-global-energy-selesai-di-kuartal-ii

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s