Produksi minyak mentah nasional mulai bertambah

Oleh Muhammad Yazid – Selasa, 26 Maret 2013 | 08:33 WIB

JAKARTA. Rata-rata produksi minyak mentah di kuartal I-2013 naik menjadi 830.00 barel per hari (bph). Produksi ini naik 3,6% dibandingkan dengan produksi akhir tahun 2012 yang sebanyak 827.000 bph. Tapi dibandingkan dengan rata-rata produksi kuartal I-2012 yang sekitar 887.000 bph, produksi ini turun 6,4%.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berharap, kenaikan produksi  minyak pada kuartal I-2013 ini menjadi awal kebangkitan produksi minyak nasional. Minimal, rata-rata produksi   minyak Indonesia di tahun ini mencapai 840.000 bph. “Makanya, kami akan memacu peningkatakn produksi minyak,” kata Rudi Rubiandini, Kepala SKK Migas, dalam diskusi Inspiring Talk Oil & Gas 2013 Opportunity and Chalenges di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Senin (25/3).

Produksi minyak nasional  terus merosot sejak tahun. Decline rate (persentase rata-rata penurunan) produksi minyak sekitar 12% per tahun. Produksi tertinggi minyak Indonesia terjadi pada tahun 1995, mencapai 1,62 juta bph.

Seiring perjalanan waktu, produksi minyak Indonesia terus menyusut, menjadi rata-rata 861.000 bph pada tahun 2012. Rudi menjelaskan, awal tahun lalu, produksi minyak mencapai 900.000 bph, lalu turun menjadi 827.000 bph. “Tahun ini kami targetkan decline rate 0%,’ kata Rudi.

Untuk meningkatkan produksi minyak, SKK Migas berniat menggenjot penambahan sumur produksi baru atawa put on production (PoP) dan program enhanced oil recovery (EOR). Tahun ini, ada 27 sumur baru yang akan berproduksi serta enam lapangan yang akan menggulirkan program EOR.
Adapun beberapa lapangan baru yang turut menyumbang produksi minyak nasional hingga Maret ini adalah South Mahakam. Lapangan yang dikelola Total E&P Indonesie itu memproduksi 5.000 bph hingga 8.000 bph.

Lapangan baru lain adalah Beringin yang dikelola PT Pertamina EP. Produksi ladang ini sekitar 400 bph.

Rudi mengatakan, SKK Migas sudah mengajukan usulan ke Kementerian Keuangan untuk merevisi target produksi minyak bumi di Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBN) 2013, menjadi 840.000 bph. Target saat ini adalah 900.000 bph.

Yanto Sianipar, Vice President Policy, Government and Public Affairs PT Chevron Pacific Indonesia, mengatakan, sejatinya KKKS siap untuk memenuhi komitmen produksi. Namun, pemerintah harus memberikan kenyamanan ke investor berupa kepastian hukum dalam kontrak bagi hasil.

Boks

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas) menghentikan izin bagi 18 kontraktor. Keputusan SKK Migas itu akan direkomendasikan ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) (daftar lihat tabel).

Rudi Rubiandini, Kepala SKK Migas mengatakan, pemutusan kontrak terhadap belasan KKKS  itu bertujuan untuk menggenjot kegiatan eksplorasi. “Sebanyak 18 kontraktor KKS eksplorasi akan kami putus kontraknya tahun ini,” kata dia.

Ia mengatakan, sejatinya pemutusan tersebut bukanlah suatu bentuk hukuman atawa punishment kinerja KKKS tersebut. Rudi mengungkapkan, hal tersebut merupakan salah satu upaya dari SKK Migas untuk menyelamatkan 160 KKKS yang sedang melakukan eksplorasi lain, yang memiliki kinerja lebih baik.

Edy Hermantoro, Dirjen Migas Kementerian ESDM mengatakan,  saat ini, proses penghentian kontrak 18 KKKS masih berjalan.

Berikut Kontraktor Migas yang kehilangan kontrak

KONTRAKTOR WILAYAH KERJA
STAR  ENERGY  (BANYUMAS) LTD. BANYUMAS
ANADARKO PAPALANG, LTD.  PAPALANG
ANADARKO POPODI LTD  POPODI
CHEVRON (Ex. Unocal) EAST AMBALAT
ANADARKO INDONESIA COMPANY NORTH EAST MADURA-III
ECOSSE BENGKULU PTY LTD BENGKULU
PETRONAS CARIGALI LAMPUNG II Ltd. OFFSHORE LAMPUNG II
MARATHON INTL PETROLEUM INDONESIA LTD. PASANGKAYU
EXXONMOBIL E&P SURUMANA LTD. SURUMANA
CONOCOPHILLIPS (AMBORIP VI) LTD. AMBORIP VI
CONOCOPHILLIPS KUMA INC. LTD. KUMA
EXXONMOBIL E&P INDONESIA (MANDAR) LTD. MANDAR
TALISMAN (SAGERI) LTD. SAGERI
STATOIL KARAMA KARAMA
EXXON MOBIL  E& P INDONESIA (GUNTING) LTD GUNTING
CONOCOPHILLIPS (ARAFURA SEA BLOCK INDONESIA) LTD. ARAFURA SEA
LUNDIN RANGKAS B.V. RANGKAS
CNOOC  South East Palung Aru Ltd South East Palung Aru
Sumber: SKK Migas  

 

http://industri.kontan.co.id/news/produksi-minyak-mentah-nasional-mulai-bertambah

Leave a comment

Filed under Oil & Gas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s