Tak Penuhi Komitmen, Kontrak 18 Wilayah Migas Segera Diputus

Zulfi Suhendra – detikfinance
Senin, 25/03/2013 11:49 WIB

(SKK Migas) bakal memutus 18 kontrak wilayah kerja (WK) eksplorasi migas tahun ini. Pemutusan kontrak 18 WK tersebut diputus karena tak sesuai komitmen.

Kepala SKK Migas Rubi Rubiandini mengatakan, proses pemutusan kontrak atau terminas 18 WK tersebut tengah dalam proses saat ini.

Banyak kendala yang dihadapai, sehingga 18 WK tersebut harus diputus, saat ini SKK Migas tengah memproses terminasi 18 WK tersebut.

“Ada 18 KKKS (kontraktor kontrak kerja sama) eksplorasi tahun ini akan diputus,” kata Rudi di acara semintar Indonesia Oil and Gas Industri Outlook 2013, Opportunities and Challenges, di Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Jakarta, Senin (25/3/2013).

Dikatakan Rudi, kontrak 18 WK tersebut diputus untuk menyelematkan komitmen dari wilayah kerja eksplorasi lainnya. Karena wilayah kerja lainnya selalu menunjukkan komitmen yang baik dan sesuai kontrak dalam melakukan eksplorasi.

“Tujuan kita adalah menyelamatkan 160 KKKS lain yang memiliki komitmen, yang terus menjalankan kerjanya dengan baik. Tetapi, 18 WK tersebut karena tidak memenuhi perjanjian dan pekerjaan serta mengalami kendala yang tidak kunjung selesai maka akan diputus,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Rudi mengatakan, 18 WK tersebut terkendala beberapa masalah, di antaranya masalah terkait tumpang tindih lahan, perizinan, masalah terkait sosial masyarakat dan operasional di lapangan. Menurutnya, itu menjadi salah satu penyebab produksi minyak nasional mengalami penurunan.

“Ada 42 yang di atas 3 tahun sudah memenuhi kontrak. Ada 54 yang masih bermasalah, rupanya ada tumpang tindih lahan dan masalah sosial,” pungkas Rudi.

(zul/dnl)

http://finance.detik.com/read/2013/03/25/114903/2202703/1034/tak-penuhi-komitmen-kontrak-18-wilayah-migas-segera-diputus?

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s