Pertamina akan batasi solar bersubsidi

Oleh Asep Munazat Zatnika – Selasa, 02 April 2013 | 22:52 WIB

JAKARTA. PT Pertamina mengaku tidak ada pilihan lain baginya selain membatasi penjualan solar bersubsidi untuk truk-truk kontainer. Senior Vice President Perkapalan Pertamina Soehartoko, mengatakan pihaknya menyalurkan solar bersubsidi sesuai dengan kuota yang ditetapkan oleh Pemerintah.


Pada tahun 2013 ini kuota solar bersubsidi yang ditetapkan oleh Pemerintah lebih rendah 8,2% dari realisasi tahun 2012. “Tetapi tren kenaikan pertumbuhan solar setiap tahunnya mencapai 7,3%,” ujar Soehartoko. Dengan begitu, secara nasional kuota solar saat ini lebih rendah 15% dari kebutuhan nasional.

Hal inilah yang menurutnya membuat posisi Pertamina terjepit antara permintaan yang tinggi dan pasokan yang menurun. Kalau kuota pembelian bagi setiap truk kontainer itu dihapuskan, maka tidak akan cukup. Karena itu, tidak ada pilihan lain bagi Pertamina untuk membatasi penjualan solar yang bersubsidi.

Oleh karenanya, bila para kontainer-kontainer itu mengalami kekurangan bisa menutupinya dengan membeli solar non subsidi. Namun, meski begitu Soehartoko bilang pihaknya akan membicarakan kasus ini dengan BPH Migas untuk mencari jalan keluarnya.

“Saya akan laporkan dengan BPH Migas, karena kebijakan pembatasan ini harus dibahas bersama,” kilahnya. Dari pertemuan itu, Ia berharap ada solusi, apakah akan menambah kuota, atau tetap dengan kondisi saat ini.

Seperti diketahui, sejumlah sopir kontainer di Semarang, Jawa tengah mengeluhkan pembatasan pembelian solar bersubsidi tersebut. Pertamina membatasi pembelian solar bersubsidi maksimal 22 liter, atau senilai Rp 100.000.

http://nasional.kontan.co.id/news/pertamina-akan-batasi-solar-bersubsidi

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s