BLOK SIAK: Riau Petroleum Ingin Chevron Tetap Jadi Operator

Rustam Agus   –   Kamis, 04 April 2013, 11:29 WIB

BISNIS.COM, PEKANBARU–PT Riau Petroleum, perusahaan daerah milik Pemprov Riau berencana menggandeng PT Chevron Pacific Indonesia sebagai operator untuk mendapatkan izin pengelolaan Blok Siak.

Kontrak bagi hasil PT Chevron Pacific Indonesia di Blok Siak selama 22 tahun, akan habis masa berlakunya pada 27 November 2013.

Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Riau Petroleum sudah mengajukan surat permohonan pengelolaan blok minyak tersebut kepada pemerintah pusat.

Komisaris PT Riau Petroleum Abdi Haro mengungkapkan surat permohonan dan joint study pengelolaan Blok Siak oleh perusahaan daerah terrsebut sudah diajukan ke Kementerian ESDM pada 2009.

Pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM, jelasnya, sudah memberikan saran agar Riau Petroleum bekerja sama dengan Chevron yang selama ini sudah berhasil mempertahankan produksi blok minyak tersebut.

“Kami masih terbuka dan ga mau ngotot. Yang jelas, kemungkinan kami akan join bersama Chevron untuk operatornya,” ujarnya, Kamis (4/4/2013).

Dari segi peralatan dan teknologi untuk Blok Siak, imbuhnya, Chevron juga sudah lebih siap dibandingkan dengan perusahaan lainnya sehingga bisa mempertahankan produksi.

Dia mencontohkan BUMD PT Bumi Siak Pusako yang bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) di CPP Blok tidak menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Saat dikelola Chevron, produksi minyak CPP Blok sempat mencapai 50.000 barel per hari, tetapi terus anjlok ketika ditangani BOB Pertamina-BSP. Bahkan, awal 2013, produksi minyak di CPP hanya sebanyak 14.869 barel.

“Mungkin beda hasilnya kalau  itu joinnya sama Chevron. Nah ini harus kita akui,” ujarnya.  (ra)

Sumber : Nurbaiti

Editor : Rustam Agus

http://web.bisnis.com/blok-siak-riau-petroleum-ingin-chevron-tetap-jadi-operator

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s