Kemhut setuju moratorium hutan berlanjut

Oleh Fahriyadi – Kamis, 04 April 2013 | 13:03 WIB

JAKARTA. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyatakan akan memperpanjang kebijakan moratorium hutan yang akan habis pada Mei 2013. Kementerian Kehutanan (Kemhut) pada prinsipnya setuju agar kebijakan ini berlanjut.


“Moratorium hutan itu tetap akan kita lanjutkan, tetapi sebelum itu kita tunggu Instruksi Presiden (Inpres) mengenai hal itu. Prinsipnya saya setuju untuk melanjutkan,” ujar Zulkifli, Kamis (4/4). Salah satu pertimbangannya adalah keberhasilan proses moratorium yang berjalan dari 2010 hingga saat ini.

Rencananya, Inpres terkait nasib moratorium hutan akan dikeluarkan ketika kebijakan moratorium habis pada 20 Mei mendatang.

Lebih jauh, Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai bahwa perpanjangan moratorium tidak akan berdampak pada kelangsungan perusahaan yang menggantungkan hidup pada kawasan hutan.

“Awal kita mengeluarkan moratorium ini banyak pengusaha yang khawatir tentang kelangsungan usahanya, tapi nyatanya pertumbuhan ekonomi tetap bisa dijaga 6%,” katanya.

Menurutnya meskipun ada moratorium, ekonomi nasional tetap bisa tumbuh karena usaha tetap bisa berjalan dengan mengatur tata kelolaannya.

Sekedar informasi, moratorium hutan bertujuan untuk mengurangi emisi karbon sampai 14%, bahkan 26% jika berlanjut hingga tahun 2020.

http://nasional.kontan.co.id/news/kemhut-setuju-moratorium-hutan-berlanjut

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s