Blok Mahakam Harus Kembali ke Indonesia

Jumat, 5 April 2013 | 11:05

DEPOK-Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana mengatakan Blok Mahakam harus kembali ke Indonesia.

“Bila masa kontrak untuk Total telah selesai maka Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) harus siap mengambil alih,” kata Hikmahanto di konfirmasi di Depok, Jabar, Jumat (5/4).

Ia mengatakan dalam konteks ini Kementerian ESDM memiliki kewajiban mendorong agar tercipta kondisi Indonesia menggantikan peran Total.

“Bila tidak maka akan ada kecurigaan Menteri ESDM menjadi boneka perusahaan multinasional yang bekerja untuk kepentingan mereka,” ujarnya.

Oleh karenanya, lanjut dia pemerintah harus berpihak pada apa yang diaspirasikan rakyat. Kebijakan untuk memberi perpanjang kepada investor asing akan dianggap sebagai ketidakberpihakan pemerintah kepada rakyat Indonesia.

Mantan Dekan Fakultas Hukum UI ini menegaskan tidak heran bila publik memberi label pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai neo-lib, dan Partai Demokrat dijauhi karena tindakan para menteri pemerintahan Yudhoyono yang sering tidak berpihak kepada kepentingan nasional.

Menurut dia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, seharusnya mengambil momentum bagi kebangkitan Indonesia untuk mengambil apa yang telah menjadi haknya sebagaimana disepakati dalam perjanjian.

Dikatakannya keterangan Menteri ESDM Jero Wacik terkait Blok Mahakam patut disayangkan. Pernyataan beliau yang menuntut Pertamina melihat dari segi bisnis, seolah beliau bukan Menteri ESDM yang merupakan regulator dibidang ESDM.

Ia menilai pihak yang pantas menilai secara bisnis keekonomian dari Blok Mahakam adalah Menteri BUMN selaku pemegang saham Pertamina dan Direksi Pertamina.

“Menteri ESDM harusnya menghormati perjanjian yang telah dibuat antara Pemerintah Indonesia dengan Total,” tukasnya.(*/hrb)

http://www.investor.co.id/energy/blok-mahakam-harus-kembali-ke-indonesia/58210

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s