PENGEMBANGAN BLOK SIAK: Ekamaro Dukung Pendanaan Riau Petroleum

Ismail Fahmi   –   Senin, 08 April 2013, 15:03 WIB

BISNIS.COM, PEKANBARU–PT Ekamaro Sakti, perusahaan swasta yang bergerak di sektor migas menyiapkan dana hingga US$50 juta untuk mendukung PT Riau Petroleum mendapatkan izin dan mengembangkan Blok Siak tahap awal.

Sebagai bentuk keseriusannya di Blok Siak, PT Ekamaro Sakti telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan PT Riau Petroleum, perusahaan daerah milik Pemerintah Provinsi Riau.

Direktur Utama PT Ekamaro Sakti Muhammad Boy Saleh menyatakan pada dasarnya perusahaan swasta itu siap menyokong seluruh pendanaan di Blok Siak. Namun, untuk pengembangan tahap awal, pihaknya menyiapkan dana hingga US$50 juta atau sekitar Rp500 miliar.

“Kami siap mendanai seberapapun yang dibutuhkan untuk Blok Siak. Untuk tahap pertama, kami siapkan sampai US$50 juta,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (8/4).

Menurutnya, dana yang disiapkan hingga US$50 juta tersebut akan digunakan untuk tahap pertama pengembangan, termasuk joint study dan hal-hal teknis lainnya. Terkait sumber pendanaan, jelasnya, perusahaan swasta itu sepenuhnya disokong oleh United Overseas Bank Limited (UOB) dari Singapura.

“Kami akan bekerja sama dengan baik dengan pemerintah dan masyarakat Riau, terutama di wilayah operasi. Mudah-mudahan rencana kita mengambil Blok Siak pada waktunya nanti, bisa terealisasi,” tuturnya.

Direktur Utama PT Riau Petroleum Herianto mengatakan kerja sama dengan Ekamaro Sakti, nantinya tidak hanya untuk Blok Siak, tetapi juga Blok Kampar yang saat ini dioperatori oleh PT Medco Energi Lirik.

“Dua blok itu akan habis kontraknya dan Riau Petroleum diberi amanah oleh Pemrov Riau untuk take over. Kami tetap bersama Ekamaro Sakti,” ujarnya.

Selain kuat masalah pendanaan, jelasnya, Ekamaro juga memberikan risiko paling ringan kepada Riau Petroleum dibandingkan dengan perusahaan lainnya yang ingin bekerja sama dengan BUMD itu.

“Ada 17 proposal yang masuk, dan semuanya menyatakan pendanaan awal itu masuk utang. Kalau Ekamaro Sakti Ini tidak ada risiko bagi kita. Dia support pendanaan 100%, dan tidak ada utang bagi Riau Petroleum. Makanya saya pilih mereka karena dana dan teknologi juga mereka dukung,” katanya.

Produksi Blok Siak saat ini sekitar 2.000–2900 barel per hari. Sedangkan  produksi Blok Kampar atau Blok Lirik sekitar 1.200–1.400 bph. Untuk Blok Siak, kata Herianto, target peningkatan produksi dalam 2–3 tahun pertama ditargetkan naik menjadi sekitar 4.500–5.000 bph. (if)

Sumber : Nurbaiti

http://web.bisnis.com/pengembangan-blok-siak-ekamaro-dukung-pendanaan-riau-petroleum

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s