PASOK GAS: PLN Peroleh 25 Juta Kubik Dari Blok Simenggaris

Bambang Supriyanto   –   Senin, 08 April 2013, 18:59 WIB

BISNIS.COM,JAKARTA — Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah menyetujui untuk mengalokasikan gas dari Lapangan South Sembakung, Blok Simenggaris sebesar 25 juta kaki kubik (MMscfd) untuk dipasok ke PT PLN (Persero).

Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini mengatakan pasokan tersebut untuk memenuhi kebutuhan listrik PLN di Kalimantan Timur dan sekitarnya.

Hal ini diharapkan bisa mendorong pemenuhan energi listrik untuk wilayah tersebut serta mampu menciptakan multiplier effect untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Pasokan gas sebesar 25 MMscfd dari Lapangan South Sembakung yang dikelola oleh JOB Pertamina – Medco Simenggaris tersebut akan dimulai akhir tahun 2013 dengan volume 5 MMscfd. Volume tersebut akan naik secara bertahap hingga mencapai 25 MMscfd pada 2016 untuk periode kontrak selama 11 tahun.

SKK Migas juga menyetujui keterlibatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). “Kita ingin ada keberpihakan terhadap badan usaha milik nasional dan badan usaha milik daerah,” kata Rudi di Jakarta, Senin (8/4).

Dalam hal ini, pihak SKK Migas menyetujui BUMD Kabupaten Nunukan ikut terlibat, sehingga Pemerintah Daerah dan masyarakat mendapatkan manfaat langsung dari kegiatan operasi minyak dan gas di daerah mereka.

“Dari pasokan gas sebanyak 25 MMScfd tersebut, sebanyak 5 juta kaki kubik per hari akan melibatkan BUMD Kabupaten Nunukan dalam penyalurannya,” tuturnya.

Kepala Divisi BBM dan Gas PLN Suryadi Mardjoeki mengatakan gas sebesar 25 MMscfd dari Blok Simenggaris akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di PLTGU Tanjung Batu, PLTG Sembera, serta PLTG Sanipah di Balikpapan.

Saat ini, kebutuhan gas di PLTGU Tanjung Batu sebesar 24 MMscfd, di PLTG Sembera sebesar 10 MMscfd, serta PLTG Sanipah Balikapapan sebesar 10 MMscfd. “Jadi total kan 44 MMscfd, namun gas itu masuk pada 2016, pada saat itu dibutuhkan gas 25 MMscfd, hanya untuk beban puncak saja,” jelasnya ketika dihubungi melalui telepon.

Pasalnya, pada 2016 akan ada pembangkit dari batubara yang akan beroperasi. Jadi, kebutuhan gas hanya akan digunakan pada saat beban puncak, sehingga gas yang dibutuhkan sekitar 25 MMscfd.

Sumber : Riendi Astria

Editor : Bambang Supriyanto

http://web.bisnis.com/pasok-gas-pln-peroleh-25-juta-kubik-dari-blok-sime

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s