ATASI SEMBURAN GAS LIAR PRABUMULIH: Pertamina EP Siapkan Pengeboran Miring

Rabu, 10 April 2013 | 0:05

JAKARTA– PT Pertamina EP menyiapkan menyiapkan berbagai opsi untuk mematikan semburan gas liar dari sumur Talang Jimar (TLJ) 25 INF di area Prabumulih, Sumatera Selatan, di antaranya adalah dengan pengeboraan miring.

“Salah satunya adalah penggunaan sumur TLJ 157 untuk dilakukan pemboran miring atau perforasi ke pusat ‘kick’ di sumur TLJ 25 INF,” kata Juru Bicara Pertamina EP Agus Amperianto di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, pekerjaan pemboran sumur TLJ 157 akan dilakukan pada kedalaman antara 292-304 meter. Saat ini, progres pekerjaan persiapan sumur TLJ 157 telah mencapai 85%. “Kami berharap program penanggulangan melalui sumur TLJ 157 dapat dilaksanakan paling cepat pada Rabu (10/4),” ujarnya.

Di sisi lain, lanjut Agus, secara simultan, pihaknya menginjeksikan lumpur berat untuk mengurangi tekanan gas yang keluar dari sumur TLJ 25 INF.

Selain juga terus mengurai tekanan gas yang keluar dengan cara simulasi penyemprotan air dengan tekanan tinggi untuk mengurangi efek ‘kick’ dan dilakukan lubrikasi secara terus menerus pada sumur TLJ 25 INF tersebut.

Agus menambahkan, berdasarkan hasil pemantauan udara diketahui gas yang berada dalam radius antara 300 hingga 500 meter berstatus aman, sehingga masyarakat diperbolehkan beraktivitas seperti biasa.

Sementara, tingkat kebisingan pada radius yang sama menunjukkan tren penurunan dengan angka kebisingan sekitar 60 sampai dengan 80 desibel.

Ia menambahkan, kondisi mayoritas warga dalam penampungan terpantau dalam keadaan sehat.

Sedangkan, lanjut Agus, untuk menjaga psikologis warga selama dalam lokasi penampungan, diadakan kegiatan seperti ceramah agama, layar tancap, lomba untuk anak-anak dan bimbingan belajar. (gor/ant)

http://www.investor.co.id/energy/pertamina-ep-siapkan-pengeboran-miring/58483

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s