PASOKAN GAS: Prioritaskan untuk Industri Dalam Negeri

Ismail Fahmi   –   Selasa, 23 April 2013, 15:50 WIB

BISNIS.COM,  JAKARTA–Kementerian Perindustrian menyatakan penggunaan energi harus didorong untuk meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri.

Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian Panggah Susanto berharap pemerintah mengubah pemikiran, yakni bila selama ini berpikir penerimaan negara didorong oleh penjualan energi, ke depannya penggunaan energi harus diutamakan untuk industri dalam negeri.“Kalau dahulu mungkin iya, karena kita tidak punya uang, jadi kita jual minyak, mineral, batubara ke luar negeri masih wajar. Sementara saat ini industri dalam negeri tumbuh dan membutuhkan energi, jadi tidak relevan lagi,” kata Panggah dalam acara diskusi dengan tema Arah dan Kebijakan Pengembangan Industri Gas Indonesia, Selasa (23/).

Menurut Panggah, pendapatan negara dari penjualan gas yang disalurkan ke industri akan lebih besar dibandingkan dengan ekspor gas ke luar negeri. Pasalnya, akan ada masukan lain, seperti pajak yang akan diberikan oleh Industri.

“Memang sih kalau untuk industri kan negara belakangan menerimanya, sementara pendapatan dari ekspor itu di depan, tapi yang harus dihitung kebutuhan akan APBN. Yang pasti kalau hitungan kami,  kalau lewat industri pendapatan negara bisa lebih besar.”

Panggah menambahkan, hingga kini, masih ada beberapa daerah yang minim pasokan, seperti Jawa Barat dan Sumatera Utara. Padahal, pertumbuhan industri, termasuk pertumbuhan industri manufaktur sangat cepat berkembang.

Pada  2012, industri tumbuh hingga 6,8 %, sementara tahun ini ditargetkan pertumbuhan hingga 7%. Bila tidak ada pasokan gas, target angka pertumbuhan ini bisa saja berubah. Untuk itu, pihaknya meminta agar industri diberikan kepastian pasokan dan kepastian harga.

“Industri logam, industri makanan dan minuman, industri tekstik, keramik, kaca membutuhkan gas, tapi masih banyak kurang pasokan. Gas untuk dalam negeri harus diprioritaskan,” tuturnya. (if)

Source : Riendy Astria

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s