Dipercepat Pembangunan Industri Primer Tambang

Rabu, 24 April 2013 | 8:26

JAKARTA-Pemerintah diminta agar dapat mempercepat pembangunan industri primer sektor pertambangan dan petrokimia sebagai salah satu langkah, guna mengatasi ketergantungan impor produk bahan baku dari negara lain.

“Industri primer tambang dan petrokimia perlu dipercepat dan mendapat kebijakan dari pemerintah,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pemberdayaan Daerah dan Bulog Natsir Mansyur di Jakarta, Selasa (23/4).

Natsir menegaskan, pembangunan industri primer baik dari hasil tambang maupun petrokimia akan berdampak, guna mengurangi impor bahan baku untuk industri hilir.

Bahkan bila diperlukan, ujar dia, dapat diberlakukan kebijakan seperti Undang-Undang atau Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu), atau bisa pula Peraturan Presiden (Perpres).

Ia berpendapat, semua peraturan perundangan tersebut layak digunakan antara lain karena industri primer ini berinvestasi besar dan memiliki jangka waktu yang panjang.

Natsir juga menuturkan, percepatan pembangunan industri primer tambang dan petrokimia juga menjadi salah satu upaya untuk menaikkan tingkat penanaman modal dalam negeri (PMDN).

“Potensi pengusaha nasional dan daerah untuk meningkatkan laju penanaman modal dalam negeri (PMDN) dari 39,6 persen menjadi 70 persen dinilai bisa terealisasi dan masih bisa untuk dinaikkan karena banyak instrumen yang mendukungnya,” tuturnya.

Ia memaparkan, instrumen lainnya untuk meningkatkan laju PMDN antara lain percepatan pembangunan kawasan ekonomi di luar pulau Jawa.

Selain itu, lanjutnya, pembangunan “dry port” (pelabuhan kering) di perbatasan agar perdagangan industri bergerak cepat, dan peninjauan ulang terhadap daerah negatif investasi.

“Sebenarnya masih banyak lagi instrumen untuk meningkatkan PMDN,” ucapnya.

Menurut dia, di mana efeknya akan positif pada pertumbuhan ekonomi, sehingga ada pemerataan ekonomi yang tersebar di Indonesia.(ant/hrb)

http://www.investor.co.id/energy/dipercepat-pembangunan-industri-primer-tambang/59487

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s