Plt Menkeu Isyaratkan Saham Newmont Bisa Dibeli Swasta

Rabu, 24 April 2013 | 19:24

JAKARTA – Pelaksana Tuhas (Plt) Menteri Keuangan Hatta Rajasa mengisyaratkan tujuh persen saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) bisa dibeli oleh perusahaan swasta nasional.

Pendapat ini sangat berbeda dengan Menteri Keuangan sebelumnya, yang bersikeras pemerintah harus memiliki saham tersebut tanpa melalui persetujuan DPR melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

Hatta menegaskan, polemik pembelian saham Newmont bukan merupakan masalah besar. Yang lebih penting, adalah kelancaran usaha perusahaan tambang mineral di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut.

“Kalau saya itu bukan untuk investasi tujuh persen, it’s not a big deal. Yang penting usaha itu lancar, harus ada di perusahaan Indonesia. Namanya juga divestasi. Prinsip-prinsip itu yang dipegang,” tutur Hatta di kantornya, Jakarta, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, pihaknya akan mematuhi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan bahwa pembelian saham divestasi NNT melalui PIP harus melalui persetujuan DPR. Dengan demikian, pemerintah harus mencari alternatif skema pembiayaan lain tanpa mempergunakan Angaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) jika ingin membeli saham tersebut.

“Soal Newmont nanti saya akan selesaikan. Skema non APBN kan bisa. (PIP) dianggap masih jadi bagian APBN kan itu,” tukasnya.

Sementara itu, terkait renegosiasi kontrak karya perusahaan tambang terbesar di Indonesia, yakni PT Freeport Indonesia, dia menyatakan kedua belah pihak sudah hampir menyelesaikan kesepakatan. Masalah yang mengganjal diklaim hanya mengenai kewajiban membangun smelter (pabrik pengolahan tambang).

“Itu soal smelter saja, yang lain sudah mulai. Karena dianggap karena itu tidak ekonomis. Sekarang kan sudah 30 persen (bagi hasilnya),” pungkasnya.

Sebelumnya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menunjuk PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) untuk membantu PT Danareksa (Persero) dalam proses perjanjian jual beli divestasi saham Newmont Nusa sebesar 7 persen.

Nantinya saham yang akan dipegang PT Danareksa mayoritas sebesar 5 persen, sedangkan sisanya 2 persen akan diberikan kepada pemerintah daerah (pemda). Dari jumlah divestasi saham sebesar 7 persen, nilai investasi diperkirakan mencapai Rp 2,3 triliun. (Investor Daily/WYU/WBP)

http://www.investor.co.id/energy/plt-menkeu-isyaratkan-saham-newmont-bisa-dibeli-swasta/59564

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s