Bisnis tambang UNTR belum optimal

Oleh Diemas Kresna Duta – Jumat, 26 April 2013 | 09:57 WIB

JAKARTA. Harga batubara yang tidak menentu membuat PT United Tractors Tbk (UNTR) urung menggeber produksi batubara miliknya.  Langkah ini terpaksa di ambil  anak usaha Grup Astra  berkode emiten UNTR ini untuk menjaga kinerja perusahaan.

Selama tiga bulan pertama tahun 2013 ini, produksi batubara United Tractors hanya mencapai 1,17 juta ton atau turun 23% dari produksi batubara di kuartal pertama tahun 2012 yang mencapai 1,52 juta ton. “Ini adalah siasat kami menyikapi harga batubara yang masih turun. Bila harga sudah bagus, kami akan kembali menggenjot produksi batubara,” tandas Sara K. Lubis, Sekretaris Perusahaan United Tractors kepada KONTAN, Rabu (25/4).

Sara menerangkan, dari total produksi batubara sebanyak 1,17 juta ton, sekitar 674.000 ton bersumber dari anak usaha PT Tuah Turangga Agung (TTA). Adapun 497.000 ton sisanya dari hasil kinerja produksi PT Prima Multi Mineral (PMM) yang juga merupakan anak usaha di sektor pertambangan batubara.

Dari hasil produksi ini, pendapatan United Tractors dari sektor produksi batubara di kuartal I ini berkisar antara Rp 1,18 triliun, turun 37% dari pendapatan di kuartal I-2013 yang sebesar Rp 1,82 triliun.  “Harga batubara yang jelek masih menjadi alasan utama kenapa kinerja kami turun dan kami belum bisa memastikan kapan harga batubara bisa kembali stabil,” jelasnya.

http://industri.kontan.co.id/news/bisnis-tambang-untr-belum-optimal

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s