Nota Kesepakatan Bersama antara BPN-RI dengan SKK Migas dan Pertamina

26 April 2013 | Liputan Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia.

Nota Kesepakatan Bersama (MoU) antara Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (BPN-RI) dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) serta antara BPN-RI dengan PT. Pertamina (Persero), Rabu (26/4), ditandatangani di Kantor BPN-RI, Jakarta.

Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama tersebut dilaksanakan oleh Kepala BPN-RI Hendarman Supandji, Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini R.S dan Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) Karen Agustiawan.

Maksud dari Nota Kesepakatan Bersama antara BPN-RI dengan SKK Migas adalah untuk melaksanakan pensertipikatan tanah dan penanganan permasalahan tanah aset Negara yang dikelola oleh SKK Migas yang dimanfaatkan oleh kontraktor KKS dalam melaksanakan kegiatan usaha hulu migas di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah untuk mewujudkan tertib administrasi dan memberikan jaminan kepastian hukum dengan cara memberikan prioritas pelayanan melalui pelaksanaan pensertipikatan tanah dan penanganan permasalahan tanah aset Negara yang dikelola SKK Migas di seluruh Indonesia mengingat kegiatan usaha hulu migas merupakan kegiatan yang strategis untuk kepentingan nasional.

Sedang Nota Kesepakatan Bersama antara BPN-RI dan Pertamina dimaksudkan untuk melaksanakan percepatan pensertipikatan tanah, melakukan penanganan permasalahan tanah, dan membantu pelaksanaan pengadaan tanah bagi Pertamina untuk infrastruktur minyak, gas dan panas bumi. Tujuannya adalah untuk menciptakan kepastian hukum hak atas tanah berupa sertipikat, kerjasama penanganan masalah tanah, dan terlaksananya pengadaan tanah.

Dalam sambutannya Kepala BPN-RI Herdarman Supandji menyatakan bahwa penandatanganan nota kesepakatan bersama mempunyai arti strategis karena merupakan salah satu bentuk perwujudan komitmen agar tanah dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dapat dimanfaatkan secara maksimal bagi kesejahteraan rakyat.

Kepala BPN-RI juga berpesan kepada Kepala SKK Migas dan Direktur Utama Pertamina (Persero) serta jajarannya untuk tidak melupakan rakyat miskin di sekitarnya dengn memberdayakan masyarakat tersebut melalui kegiatan fasilitasi dan bantuan serta bimbingan kewirausahaan maupun kemitraan yang secara langsung maupun tidak langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di sekitarnya sebagai perwujudan dari tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).

http://www.bpn.go.id/Beranda/Berita—Artikel/Berita/Nota-Kesepakatan-Bersama-antara-BPN-RI-dengan–%281%29.aspx

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s