Harga Batubara di Kisaran US$95-100 per Ton

Kamis, 2 Mei 2013 | 17:18

JAKARTA – PT Adaro Energy Tbk (ADRO) memproyeksikan harga batubara pada kuartal keempat tahun ini kembali mengalami kenaikan di kisaran US$95 sampai 100 per ton.

“Sudah satu tahun ini harga batubara mengalami pelemahan, tahun lalu perusahaan memprediksi pelemahannya sekitar 18 bulan. Dengan begitu, jika harga batubara sesuai dengan prediksi maka pada kuartal empat 2013 harga batubara kembali naik,” ujar Direktur Keuangan Adaro, David Tendian di Jakarta, Kamis.

Meski demikian, ia menilai penurunan harga batubara di sepanjang 2012 merupakan koreksi yang sehat. Pasalnya dalam 10 tahun terakhir harga batubara terus berada dalam tren kenaikan.

Sementara untuk kuartal pertama tahun ini, lanjut dia, harga jual rata-rata batubara Adaro mengalami penurunan 18%. Hal itu disebabkan lambatnya pertumbuhan harga dan melemahnya indeks harga batubara global.

David menargetkan perseroan dapat memproduksi batubara mencapai 50 juta hingga 53 juta ton, kuartal pertama 2013 Adaro membukukan peningkatan produksi batubara sebesar empat persen menjadi 11,42 juta ton. “Tahun ini kami menargetkan produksi 50-53 juta ton,” ujar David.

Ia mengemukakan untuk volume penjualan pada kuartal pertama relatif stabil yakni sebanyak 11,23 juta ton. Hal itu dikarenakan musim hujan yang terjadi. Namun Adaro optimistis target akhir tahun dapat tercapai. (gor/ant)

http://www.investor.co.id/energy/harga-batubara-di-kisaran-us95-100-per-ton/60155

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s