GAS ALAM Sengkang Bisa Dipasarkan Kuartal II/2014

M. Taufikul Basari   –   Senin, 13 Mei 2013, 13:07 WIB

BISNIS.COM, MAKASSAR–Pengolahan gas alam Sengkang diperkirakan dapat dipasarkan pada kuartal II/2014, sejalan dengan diperolehnya izin SKk Migas dan pengerjaan infrastruktur yang mencapai 50%.

Pengolahan gas alam Sengkang dikerjakan secara kerja sama operasi oleh Perusahaan Daerah (Perusda) Sulsel, BUMD Wajo, PT Energy Equity Sengkang, dan PT Prodigy Energy Resources.

Direktur Utama Perusda Sulawesi Selatan Harris Hody menyebut pengerjaan infrastruktur telah mencapai 50%. Pihaknya juga telah mengantongi izin dari SKK Migas.

Dia tak mau mengatakan angka investasinya, tetapi disebutkan pendanaan diperoleh dari mitra. “Kami telah mendapatkan mitra yang memiliki teknologi dan pembiayaan kuat,” katanya, Senin (13/5).

Gas alam Sengkang yang bakal diolah menjadi gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) itu akan digunakan untuk memasok bahan baku energi ke Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sulselrabar.

Terkait hal itu, Harris mengatakan pihaknya akan bertemu dengan PLN pada 16-17 Mei mendatang. Dia tak menyebut berapa harga jual yang ditawarkan ke PLN.

Gas alam Sengkang ini memiliki potensi hingga 70  million metric British thermal units (MMBTU) yang dapat digunakan untuk membangun dua power plant 2 x 350 mega watt.

“Pasokan seluruhnya untuk PLN karena dari pemerintah sendiri ada ketentuan seperti itu. Apabila untuk energi listrik sudah cukup, baru bisa untuk pupuk atau yang lain,” katanya.

Pemprov Sulsel melalui gubernur telah membentuk Tim Percepatan Pemanfaatan Gas Alam Wajo. Tim inilah yang diterjunkan untukmencari mitra swasta hingga bisa merangkul Prodigy Energy, anak usaha Grup Bakrie.

Dalam catatan Bisnis, sebelumnya PT Bosowa Corporation juga menjadi kandidat investor. Tetapi mundur setelah mempertimbangkan kuota dari pemda yang hanya 5 MMSCFD.

Kuota sebesar itu tidak mencukupi untuk pendirian pembangkit listrik di atas 100 megawatt, sehingga jika diteruskan menjadi tidak ekonomis.

Harris menekankan pengelolaan gas Sengkang sejalan dengan keinginan pemerintah mengembangkan energi yang murah sehingga akan menarik investor masuk ke Sulsel.

“Perusda harus terus menggali sumber daya alam yang ada untuk diproses menjadi bahan baku energi listrik,” katanya. (bas)

http://web.bisnis.com/gas-alam-sengkang-bisa-dipasarkan-kuartal-ii2014

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s