KASUS BIOREMEDIASI: Chevron Hentikan Sementara Operasi 3 Rig

Tisyrin Naufalty Tsani   –   Senin, 13 Mei 2013, 22:38 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA-PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) di Riau menghentikan sementara operasi 3 dari 11 rig (anjungan) minyak terkait kekhawatiran terulangnya kasus hukum atas proyek bioremediasi (pemulihan tanah tercemar minyak) perusahaan migas itu.

Corporate Communication Manager CPI, Dony Indrawa, mengatakan penghentian operasional rig on shore itu  karena bekas-bekas limbah minyak dari pengeboran yang sudah dilakukan, tidak bisa dibersihkan.

Selama ini, limbah minyak di tanah sekitar rig dibersihkan dengan teknologi bioremediasi. Saat ini hal tersebut tidak bisa dilakukan karena proyek bioremediasi divonis bersalah oleh Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Pada awal pekan lalu, Majelis Hakim Tipikor menjatuhkan vonis 5 tahun penjara terhadap Ricksy Prematuri dan 6 tahun penjara bagi Herlan bin Ompo. Keduanya adalah pimpinan perusahaan kontraktor Chevron dalam proyek bioremediasi.

Menurut Dony, selama ini Chevron berpegang pada Undang-Undang (UU) Migas Nomor 22 tahun 2001 dan production sharing contract (PSC) migas dalam operasinya di Indonesia.

Dalam proyek bioremediasi, Chevron berpegang pada Keputusan Menteri (Kepmen) LH Nomor 128 Tahun 2003 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 1999. Kemudian dalam proses pengadaan Chevron mengacu PTK 007 yang diterbitkan BP Migas (sekarang SKK Migas, red).

“Meski Chevron dan karyawan serta mitra kerja atau kontraktornya sudah mematuhi semua aturan itu, tetap saja dituduh bersalah oleh aparat penegak hukum dalam hal ini Kejaksaan Agung dan Majelis Hakim Tipikor Jakarta”. (antara)

http://web.bisnis.com/kasus-bioremediasi-chevron-hentikan-sementara-operasi-3-rig

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s