Presiden: Pertahankan Pendapatan Sektor Migas Rp 300 Triliun

Rabu, 15 Mei 2013 | 16:34

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik untuk mempertahankan dominasi sektor minyak dan gas (migas) sebagai penyumbang terbesar bagi pemasukan negara.

Pada 2012, kontribusi sektor migas mencapai Rp 300 triliun atau setara dengan 23% total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2013.

“Pendapatan negara sebesar kurang lebih Rp 300 triliun per tahun tentu sangat penting untuk dijaga dan dipertahankan,” kata Presiden saat membuka Convention and Exhibition (Convex) ke-37 Indonesia Petroleum Association (IPA) di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (15/5).

Presiden mengatakan, tantangan terbesar yang dihadapi pemerintah di sektor migas adalah memastikan kegiatan industri hulu migas dapat berjalan secara optimal. Sektor migas, katanya, menjadi salah satu sektor andalan yang menjadi tulang punggung penerimaan negara.

Oleh karena itu, pemerintah berketetapan untuk terus memberikan dukungan, dorongan, dan fasilitas kepada para pelaku industri di sektor migas, untuk meningkatkan kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi di seluruh Tanah Air.

“Bagi pemerintah, para pelaku industri di sektor migas merupakan mitra strategis yang dapat melahirkan gagasan dan langkah inovatif, baik dalam meningkatkan produksi minyak bumi maupun perluasan pemanfaatan gas bumi,” katanya.

Presiden mengatakan, pemerintah menyadari bahwa tantangan kegiatan usaha hulu migas semakin berat. Di satu sisi, sumber daya yang ada dan upaya untuk meningkatkan cadangan semakin sulit dan mahal. Di sisi lain, berbagai kendala terus mengemuka, yang perlu disikapi secara bijak, taktis, serta dicarikan solusinya.

“Saat ini terjadi dinamika di sektor hulu migas yang harus ditindak-lanjuti dengan langkah strategis untuk menjamin keberlangsungan kontrak-kontrak kerja sama minyak dan gas bumi melalui terbentuknya SKK Migas,” katanya. (ID/Nov/Ber)

http://www.investor.co.id/energy/presiden-pertahankan-pendapatan-sektor-migas-rp-300-triliun/60902

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s