Chevron Pasific Lanjutkan Proyek Pengolahan Limbah

Kamis, 16 Mei 2013 | 14:31

JAKARTA-PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) tetap melanjutkan kegiatan pengolahan limbah minyak hasil operasinya di Riau termasuk yang pengerjaannya dibantu oleh kontraktor, meskipun ada putusan hukum terhadap kontraktor proyek bioremediasi Chevron.

“Kami didukung oleh SKK Migas dan KLH sebagai regulator, tetap yakin bahwa saat ini telah memiliki izin yang sah dan diperbolehkan untuk mengerjakan aktivitas pengolahan limbah,” kata Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit, Jeff Shellebarger dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (16/5).

Menurutnya, putusan Pengadilan Tipikor tidak dapat menghilangkan legitimasi SKK Migas dan Kementerian Lingkungan Hidup yang diatur dalam Production Sharing Contract (PSC), sebagai kontrak perdata yang mengikat secara hukum Pemerintah Indonesia.

Jeff juga menampik isu mogok karyawan Chevron. Ia menegaskan Chevron tetap berinvestasi dan beroperasi sesuai mandat PSC untuk menghasilkan energi walaupun ada ketidakpastian yang disebabkan oleh putusan pengadilan pada kasus proyek bioremediasi.

Ditegaskannya, pihaknya terus menjalin kemitraan dengan Pemerintah Indonesia untuk mendukung tersedianya energi yang diperlukan oleh negara untuk pertumbuhan ekonomi.

“Kami menghargai dukungan penuh pemerintah Indonesia atas operasi migas Chevron di Indonesia yang masih terus mengkontribusikan lebih dari 40 persen produksi minyak mentah nasional dan 50 persen kapasitas energi panas bumi di Indonesia,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Sementara itu Corporate Communication Manager Chevron, Dony Indrawan menjelaskan manajemen Chevron, karyawan dan mitra kerjanya sangat prihatin atas preseden yang dibuat oleh Kejagung dan putusan pengadilan atas kontraktor CPI dalam kasus proyek bioremediasi, karena merupakan kriminalisasi aktivitas dalam ranah hukum perdata.

“Chevron terus bekerja dengan pemerintah dan instansi terkait untuk memperoleh klarifikasi tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi para karyawan dan mitra kerja dari tindakan pemidanaan berikutnya,” katanya.(*/hrb)

http://www.investor.co.id/energy/chevron-pasific-lanjutkan-proyek-pengolahan-limbah/60981

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s