Pengusaha jasa pertambangan sorot kinerja Kadin

Oleh Oginawa R Prayogo – Kamis, 16 Mei 2013 | 12:05 WIB

JAKARTA. Asosiasi Pengusaha Jasa Pertambangan Indonesia (Aspindo) menilai, kinerja Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia belum optimal dalam mengakomodasi kepentingan anggotanya.

Susanto Joseph, Direktur Eksekutif Aspindo bilang, pihaknya sebagai pimpinan asosiasi pengusaha tidak diperhatikan oleh Kadin, selaku organisasi induk organisasi pengusaha di Indonesia.

“Asosiasi pengusaha kurang mendapat sentuhan. Sejauh ini relatif belum pernah Kadin mengajak bicara dengan asosiasi,” terang Susanto kepada KONTAN, saat ditemui di kantornya, Jakarta (15/5).

Susanto bilang, pihaknya sudah mengusulkan dan menginginkan adanya pertemuan rutin dengan Kadin guna membahas isu tertentu. “Yang selama ini terjadi ada undangan dari Kadin kalau adanya tamu dari negara asing,” ujarnya.

Susanto mengusulkan, agar Kadin sebagai wadah asosiasi pengusaha sektoral seperti Aspindo sering melakukan pembinaan dengan pengusaha yang ada di daerah.

Pembinaan yang dimaksud meliputi kerjasama tertentu tentang suatu proyek atau melakukan perencanaan strategis.

Kritik lain yang dilontarkan oleh Susanto adalah, fungsi Kadin yang hanya mengutamakan yang ekonomi makro. “Jangan ambil kebijakan yang makro saja, yang mencakup elit tertentu,” ungkapnya.

Susanto juga bilang, Kadin harus menyalurkan bantuan dari pihak asing untuk pengusaha daerah, khususnya usaha kecil mikro dan menengah (UMKM).

http://industri.kontan.co.id/news/pengusaha-jasa-pertambangan-sorot-kinerja-kadin

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s