INALUM: Jepang Siapkan Proposal Tandingan

Fajar Sidik   –   Senin, 20 Mei 2013, 21:23 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA – Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat mengatakan Pemerintah Jepang sedang menyiapkan proposal tandingan terkait negosiasi kepemilikan PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum).

“Pihak Jepang sedang menyiapkan proposal tandingan, mereka akan datang ke sini akhir Juni atau minggu pertama Juli,” ujarnya seusai rapat koordinasi terkait Inalum di Jakarta, Senin (20/5/2013).

Menteri Perindustrian (Menperin) menambahkan penyiapan proposal tersebut merupakan salah satu dari hasil pertemuan tim negosiasi asal Indonesia, yang baru saja mengadakan pertemuan dengan tim perunding Jepang di Tokyo pekan lalu.

Menurut dia, dalam pertemuan tersebut pihak Jepang telah menerima apa yang menjadi keinginan Pemerintah Indonesia, namun negosiasi masih alot terkait penetapan harga pembelian yang layak.

“Mereka sudah mengikuti keinginan Indonesia bahwa pada 31 Oktober 2013 sesuai `master agreement` tidak bisa ditawar, hanya sekarang terkait `at worth price` berapa,” ujarnya.

Hidayat mengharapkan apapun hasil perundingan tersebut, kepemilikan Inalum secara mutlak beralih ke tangan Indonesia pada November 2013.

“Ini masih negosiasi. Inalum berada di tangan Jepang selama 30 tahun, jadi pasti ada cara pandang yang berbeda,” ujar MS Hidayat yang juta menjadi Ketua Tim Perundingan Perjanjian Kerja Sama PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) ini.

Pemerintah telah menyiapkan dana investasi sebesar Rp7 triliun untuk pengambilalihan Inalum pada Oktober 2013 yang berasal dari APBN 2012 sebesar Rp2 triliun dan sisanya dari APBN 2013 sebesar Rp5 triliun.

Namun negosiasi masih mentah terutama karena adanya perbedaan nilai buku yang dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dengan Pemerintah Jepang, terkait aset perusahaan Inalum sebesar US$140 juta.

Source : Antara

http://www.bisnis.com/inalum-jepang-siapkan-proposal-tandingan

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s