PT Chevron Pasific Indonesia Kembali Kelola Blok Siak

Selasa, 21 Mei 2013 | 15:21

PEKANBARU-Satuan Kerja Khusus Kegiatan Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas) menyatakan PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) berpeluang besar kembali mengelola blok minyak Siak di Provinsi Riau yang akan habis kontraknya pada November 2013.

“Namun Chevron bukan mengelola sepenuhnya blok minyak tersebut,” kata Kepala Devisi (Kadiv) Humas SKK-Migas Elen Biantoro dihubungi Antara melalui telepon dari Pekanbaru, Selasa (21/5).

Dia menambahkan Blok ini akan dipecah menjadi tiga bagian, yakni blok I, II dan III, sedangkan Chevron akan mengelola blok II.

Sementara untuk blok minyak I dan III, kata dia, diajukan atau ditawarkan ke sejumlah pihak lainnya termasuk Perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta PT Pertamina.

Namun itu semua menurut dia tergantung lagi dari keputusan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Elen menjelaskan, pemecahan blok minyak Siak dilakukan pihaknya karena selama ini Chevron masih fokus pada pengelolaan satu titik sehingga potensi minyak yang dihasilkan belum maksimal.

Kendati demikian, kata dia, bentuk rekomendasi yang dikeluarkan SKK-Migas bukan merupakan penunjukan langsung, melainkan hanya bentuk menawarkan.

“Mengenai perusahaan BUMD yang mana, semuanya tergantung Pemerintah Daerah Provinsi Riau. Karena kami juga tidak atau belum mengenal BUMD itu. Tapi tetap saja, keputusaan nantinya berada di Kementerian ESDM,” katanya.

Elen menjelaskan, perpanjangan korntrak terhadap Chevron dalam mengelola sebagian blok minyak Siak merupakan bentuk upaya mengoptimalkan produksi minyak nasional.

Selama ini, kata dia, di blok minyak Siak, Chevron berhasil memproduksi rata-rata sekitar 3.000 barel.

“Yang ditakutkan, ketika kontrak diputus pada November nanti (2013), maka pengelolaan juga turut terhenti,”ujarnya.

Menurut dia kondisi demikian sangat mempengaruhi produksi migas, sehingga ada baiknya hal ini menjadi pertimbangan. Namun semuanya dikembalikan kepada Kementerian ESDM.

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini pemerintah belum menentukan masa depan terhadap dua Blok Minyak dan Gas Bumi (Migas) di Provinsi Riau, yang masa kontraknya berakhir 27 November 2013.

Dua blok minyak yang dimaksud adalah blok minyak Siak dan South and Central Sumatera Block. Samoai saat ini kedua blok minyak ini masih dikelola PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) dan PT Medco E and P Indonesia.(*/hrb)

http://www.investor.co.id/energy/pt-chevron-pasific-indonesia-kembali-kelola-blok-siak/61297

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s