RENEGOSIASI KONTRAK TAMBANG: Renegosiasi kontrak tak terkait insiden Freeport

Oleh Oginawa R Prayogo – Rabu, 22 Mei 2013 | 16:07 WIB

JAKARTA. Pemerintah menyatakan, tak akan manfaatkan insiden runtuhnya terowongan di kawasan tambang Freeport untuk melakukan renegosiasi kontrak tambang. Hal tersebut disampaikan oleh menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik di Jakarta, Rabu (22/5).

“Tidak, kami tidak akan manfaatkan (renegosiasi kontrak). Renegosiasi itu sulit. Diucapkan saja sulit apalagi dikerjakan,” jelas Jero Wacik di kantornya. Menurut Wacik, renegosiasi kontrak perusahaan tambang tetap berjalan seperti biasanya.

Dia juga bilang menjelaskan, tak hanya melakukan renegosiasi kontrak tambang dengan Freeport, pemerintah menurut Wacik akan melakukan renegosiasi tambang dengan perusahaan tambang lain, seperti Newmont dan Vale.

Jero menyebutkan, saat ini pihaknya dan pihak FreeportĀ  masih berkonsentrasi dalam menanggani runtuhnya fasilitas pelatihan tambang. Karena proses evakuasi sudah selesai pada Selasa, 21 Mei 2013 lalu, maka pemerintah akan fokus melakukan investigasi insiden tersebut.

“Saya sudah bentuk tim investigasi independen. Ketuanya dosen senior pertambangan ITB,” pamer Jero. Sayangnya, kapan batas waktu investigasi tak dijelaskan oleh Wacik. Dirinya mengaku, pihaknya akan membela hak-hak karyawan Freeport, terutama yang menjadi korban.

http://nasional.kontan.co.id/news/renegosiasi-kontrak-tak-terkait-insiden-freeport

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s