LOKASI TAMBANG RUNTUH: Investigasi Freeport butuh waktu minimal 1 bulan

Oleh Diemas Kresna Duta – Senin, 27 Mei 2013 | 15:19 WIB

JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) melakukan investigasi menyoal runtuhnya terowongan di lokasi tambang Big Gossan milik PT Freeport Indonesia.

Saat ini, kata Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo bilang, sampel batuan dari tambang yang dikelola Freeport Indonesia itu sudah dibawa ke Bandung untuk diteliti.

Untuk melakukan penelitian tersebut,  ESDM melibatkan peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara (Tekmira) dan inspektorat tambang.

“Saya perkirakan upaya investigasi dan penelitian ini bakal berlangsung 1 sampai 2 bulan,” terangnya kepada wartawan, Senin siang (27/5).

Sejauh ini, terang Susilo, indikasi awal runtuhnya tambang Big Gossan disebabkan oleh faktor alam. Hal tersebut diprediksi dari adanya retakan pada batu kapur yang menjadi penyangga atas tambang.

Diduga, karena terus tergerus oleh air, terowongan tambang bawah tanah itu runtuh. “Itu indikasi awal. Kita tunggu saja hasil investigasinya, nanti,” terang Susilo.

Selain investigasi, Susilo bilang, pihaknya juga masih melakukan inspeksi terhadap semua lokasi pertambangan yang dikelola Freeport.

Ini dilakukan untuk mengecek kelayakan dan keamanan tambang. Karena masih melakukan inspeksi, dia bilang, ESDM masih melarang perusahaan pertambangan asal Amerika itu beroperasi.

“Mereka boleh berproduksi lagi tim inspeksi sudah menyatakan semua tambang Freeport aman dan layak. Perkirakan kami kerugian ada di angka 250.000 sampai 300.000 ton batuan (mengandung emas dan tembaga)  per hari,” pungkasnya.

http://industri.kontan.co.id/news/investigasi-freeport-butuh-waktu-minimal-1-bulan

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s