Pemerintah Diminta Perhatikan Infrastruktur Pertambangan

Rabu, 29 Mei 2013 | 17:06

JAKARTA – Pemerintah diminta untuk memperhatikan infrastruktur yang ada di sektor pertambangan agar biaya produksi dapat menjadi efisien.

Menurut Ketua Kopartemen Energi Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Heru Sambodo, sarana transportasi seperti pelabuhan, jalan dan kendaraan sangat mempengaruhi kelancaraan pengiriman batubara.

“Kami mendesak pemerintah memperhatikan infrastruktur supaya biaya produksi lebih efisien. Banyak industri telah beralih menggunakan batubara sebagai bahan bakar yang sangat efektif menekan biaya produksi,” kata Heru dalam acara diskusi di sekretariat Hipmi, di Jakarta, Rabu (29/5).

Heru mengungkapkan, berdasarkan perkiraan pemerintah, kebutuhan batubara dalam negeri tahun 2013 mencapai 74.320 ton. Dengan rincian 60,49 juta ton untuk kebutuhan pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), 0,74 juta ton untuk metalurgi dan industri pupuk, semen, tekstil dan pulp sebesar 13,09 juta ton.

Hingga akhir tahun lalu, 50 persen bahan bakar yang dibutuhkan untuk pembangkit listrik PLN adalah batubara dan diikuti gas alam sebesar 21 persen. Selain itu, konsumsi batubara PLN sepanjang tahun lalu mencapai 35 juta ton dan diperkirakan masih akan terus meningkat.

“Oleh sebab itu, kami meminta keberpihakan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan PLN selaku pengguna, memberikan kemudahan bagi pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menyuplai kebutuhan batubara dalam negeri,” ujarnya.

Lebih lanjut Heru menyebut 40 persen dari 370 juta ton produksi batubara Indonesia diekspor ke China dan India yang digunakan sebagai sumber energi pembangkit tenaga listrik. Hal ini sejalan dengan bangkitnya perekonomian global dan meningkatnya kebutuhan energi.

“Harga batubara 2013 ini kembali menguat meski belum mencapai kondisi kenaikan yang signifikan,” jelasnya. (ID/Rap/Fer)

http://www.investor.co.id/energy/pemerintah-diminta-perhatikan-infrastruktur-pertambangan/61840

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s