Pemerintah Pastikan Pasokan Gas Husky untuk Petrokimia

Senin, 10 Juni 2013 | 14:56

JAKARTA-Pemerintah memastikan pasokan gas dari ladang yang dikelola Husky-CNOOC Madura Ltd akan dimanfaatkan untuk PT Petrokimia Gresik guna memenuhi kebutuhan pabrik baru amoniak dan urea.

“Rakor kali ini saya putuskan untuk mengacu kepada rakor sebelumnya yaitu gas untuk pupuk Gresik dari Husky dan Kujang dari blok Cepu,” ujar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa seusai rapat koordinasi membahas revitalisasi pabrik pupuk di Jakarta, Senin (10/6).

Hatta mengatakan dengan penetapan ladang gas tersebut, maka seluruh pabrik amoniak dan urea baru di Indonesia telah mendapatkan pasokan gas, sebagai salah satu upaya revitalisasi yang dilakukan pemerintah.

“Dengan demikian, seluruh revitalisasi pupuk kita sudah sediakan gasnya,” ujarnya kepada Antara.

Hatta mengatakan telah meminta Kementerian ESDM dan SKK Migas untuk melakukan analisis mendalam dan merumuskan ketentuan teknis, terkait pemanfaatan gas bagi pabrik amoniak dan urea baru tersebut.

“Kita membutuhkan sekitar 85 MMCFD (gas setara minyak) untuk daerah Gresik dan 85 MMCFD untuk Cepu,” katanya.

Hatta mengharapkan proses revitalisasi pabrik amoniak dan urea di beberapa kawasan ini dapat mendukung program ketahanan pangan selama 30 tahun.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mendukung upaya PT Petrokimia Gresik untuk mendapatkan jatah pasokan gas dari ladang Husky-CNOOC Madura Ltd untuk memenuhi kebutuhan pabrik baru.

Ia mengharapkan produksi gas yang dihasilkan dari ladang di wilayah Jatim dapat diprioritaskan untuk kepentingan industri yang beroperasi di provinsi setempat, karena dapat berdampak pada meningkatnya daya saing industri.

“Prinsipnya skema ‘domestic market obligation’ itu harus kita prioritaskan dan kedepankan,” katanya.

Menurut rencana, PT Petrokimia Gresik akan membangun pabrik baru amoniak dan urea II (PKG-2) pada tahun ini, serta dijadwalkan beroperasi 2016.(*/hrb)

http://www.investor.co.id/energy/pemerintah-pastikan-pasokan-gas-husky-untuk-petrokimia/62522

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s