Komposisi Bagi Hasil WMO Dinilai tak Sesuai

Selasa, 11 Juni 2013 | 8:56

BANGKALAN-DPRD Bangkalan menilai komposisi bagi hasil PI (patisipasi interest) di blok WMO (West Madura Offsort) sangat tidak sesuai, karena mendapatkan jatah bagi hasil paling sedikit.

Menurut juru bicara komisi C DPRD Bangkalan Mahmudi mengatakan seharusnya yang mendapat porsi paling banyak adalah Pemerintah Kabupaten Bangkalan, karena lokasi eksploitasi sumber minyak dan gas berada di wilayah Kabupaten Bangkalan.

“Selain itu yang akan banyak terkena dampak lingkungan dari kegiatan ekploitasi minyak dan gas itu juga masyarakat Bangkalan,” kata Mahmudi.

Ia mengatakan, seharusnya dari komposisi PI sebesar 10 persen itu, Pemkab Bangkalan mendapat porsi lebih besar dari porsi yang diterima Pemprov Jatim.

“Namun yang terjadi justru sebaliknya. Pemkab Bangkalan hanya mendapatkan jatah bagi hasil sebesar 47 persen saja, sedangkan 53 persen sisanya milik pemprov,” ujar anggota Komisi C DPRD kabupaten Bangkalan Mahmudi.

Bedasarkan Undang-Undang Nomor: 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, sebenarnya pemerintah daerah memiliki kewenangan mengelola hasil sumber daya alam.

“Kami di DPRD Bangkalan akan terus menyuarakan hal ini agar Pemkab Bangkalan nantinya bisa porsi PI yang lebih banyak,” kata Mahmudi.

Hal lain yang juga perlu diperhatian adalah adanya kantor perwakilan PHE (Pertamina Hulu Energi) di masing-masing kabupaten di Madura, khususnya di Kabupaten Bangkalan.

Menurut Mahmudi, hal ini dimaksudkan agar terjalin komunikasi yang intensif antara pihak Pertamina dengan pemerintah daerah.

“Kalau perlu PHE berkantor pusat di Bangkalan, karena mulai Kodeko hingga sekarang tidak ada operator yang berkantor di daerah ini,” katanya.(ant/hrb)

http://www.investor.co.id/energy/komposisi-bagi-hasil-wmo-dinilai-tak-sesuai/62583

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s