Tambang Emas Martabe akan Jaga Lingkungan

Selasa, 11 Juni 2013 | 7:49

MEDAN-Tambang Emas Martabe menegaskan akan tetap komitmen menjaga dan memelihara lingkungan setelah perusahaan itu resmi memasuki tahap produksi dengan keluarnya Surat Izin Produksi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral No. 649.K/30/DJB/2013.

“Kekomitmenan itu terutama mengingat dukungan besar dari masyarakat dan semua pemangku kepentingan lainnya di Batang Toru dan Pemkab Tapanuli Selatan dan Pemerintah Provinsi Sumut dimana tambang emas beroperasi serta Pemerintah Pusat kepada perusahaan sehingga sudah bisa beroperasi ke tahap produksi,”kata Presiden Direktur Tambang Emas Martabe, Peter Albert, dalam siaran pers yang diterima di Medan, Senin.

Menurut dia, hasil uji kualitas air sisa proses dari tiga laboratorium independen memastikan kandungan logam yang terdapat dalam air sisa proses berada di bawah standar baku mutu Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 202/2004.

Hasil itu diumumkan terbuka pada 21 Januari 2013, disaksikan seluruh jajaran Muspida Provinsi Sumut dan Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Kondisi itu akan tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan karena menjaga keberlangsungan kehidupan masyarakat di sekitar Sungai Batangtoru dan usaha Tambang Emas Martabe,”katanya.

Selain menjaga lingkungan, untuk usaha bekelanjutan itu dan rasa tanggung jawab sosial, perusahaan juga mempertahankan tenaga kerja dari daerah dimana hingga Mei 2013, terdapat 1.637 orang pekerja lokal dari jumlah total pekerja di tambang itu yang sebanyak 2.560 orang.

Tambang Emas Martabe, juga cukup banyak memperkerjakan pekerja wanita atau mencapai 269 orang.

“Jumlah penyerapan tenaga kerja lokal itu telah mengalami perkembangan tiga kali lipat dari pada jumlah awal yang disyaratkan dalam AMDAL untuk perusahaan,”:katanya.

Pada AMDAL, Tambang Emas Martabe berkewajiban mempekerjakan 490 karyawan lokal atau 70 persen dari perkiraan 700 lapangan pekerjaan yang akan tersedia pada saat itu.

“Manajemen akan mengupayakan penambahan jumlah penyerapan tenaga kerja lokal sejalan dengan kemajuan Tambang Emas Martabe,”katanya.

Peningkatan jumlah tenaga kerja itu akan selalu diimbangi dengan peningkatan kompetensi melalui berbagai jenis pelatihan berdasarkan bidang pekerjaan yang diarahkan untuk membangun profesionalitas dan daya saing karyawan untuk memberikan kinerja prima berkualitas bagi kemajuan dunia usaha di Tapanuli Selatan dan Sumut.

Dia menjelaskan, untuk bidang pengembangan masyararakat, program tanggung jawab sosial perusahaan telah dijalankan di sejumlah desa yang masuk dalam kategori daerah terdampak.

Bantuan misalnya untuk pelatihan usaha perikanan kepada enam kelompok nelayan dengan bantuan pembuatan kolam ikan, penyediaan sejumlah peralatan perikanan, serta 252.000 bibit ikan lele.

Sementara, bantuan bidang infrastruktur, Martabe telah membangun berbagai fasilitas air bersih, yaitu pemasangan pipa dari berbagai sumber air untuk dialirkan ke berbagai lokasi fasilitas umum sepanjang 12.7 km, pembuatan 28 unit sumur gali dan 46 unit fasilitas tempat mandi dan cuci serta membangun dan memperbaiki tempat ibadah.

Tambang Emas Martabe yang terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Sumut, dengan luas wilayah 1.639 km persegi itu di bawah kontrak karya generasi keenam (“CoW”) yang ditandatangani April 1997.

Tambang Emas Martabe dewasa ini telah memiliki sumber daya 8,05 juta oz emas dan 77 juta oz perak dan sudah mulai berproduksi awal 2013, dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 oz emas dan 2-3 juta oz perak berbiaya rendah.

Pemegang saham Tambang Emas Martabe adalah G-Resources Group Ltd 95 persen, dan sisanya atau lima persen saham lainnya milik PT Artha Nugraha Agung dengan persentase saham sebesar 70 persen dimiliki Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan 30 persen Pemprov Sumut.

Martabe sendiri menjadi standar acuan bagi G-Resources untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia dan di wilayah lain.(ant/hrb)

http://www.investor.co.id/energy/tambang-emas-martabe-akan-jaga-lingkungan/62573

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s