TAMBANG GRASSBERG: Nasib Proyek Diputuskan Pekan ini

Lili Sunardi   –   Selasa, 18 Juni 2013, 16:23 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA–Pekan ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengeluarkan keputusan apakah proyek tambang terbuka Grassberg dapat kembali beroperasi, setelah ditutup pascainsiden di tambang bawah tanahnya.

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan saat ini pemerintah masih mempelajari 3 kajian mengenai tambang terbuka milik PT Freeport Indonesia itu. Saat ini, Pemerintah telah memiliki laporan hasil kajian terhadap tambang milik Freeport, Permintaan dibukanya tambang terbuka Grassberg yang diajukan oleh Freeport, dan surat serupa yang dikirimkan Bupati Mimika.

“Mereka [Freeport dan Bupati] merekomendasikan agar tambang terbuka itu dibuka kembali. Apalagi, penutupan tersebut berdampak pada lapangan pekerjaan di wilayah itu. Mungkin dalam minggu ini akan diputuskan, setelah BBM lah,” katanya di Jakarta, Selasa (18/6).

Wacik mengungkapkan pihaknya harus memastikan keamanan tambang tersebut sebelum mengeluarkan izin operasi. Untuk itu lah pihaknya meminta tim investigasi kembali mengevaluasi keamanan tambang terbuka Grassberg.

Sementara itu, Bupati Mimika meminta Kementerian ESDM segera mengizinkan kembali Freeport mengoperasikan tambang terbukanya karena alasan lapangan pekerjaan. Selain itu, tidak beroperasinya tambang terbuka itu juga berdampak pada penerimaan melalui pajak.

“Tim investigasi merekomendasikan kepada saya bahwa yang tambang terbuka kelihatannya sudah dapat diperbolehkan beroperasi, dengan begitu lapangan pekerjaan kembali terbuka dan pajaknya juga dapat kita ambil lagi,” ungkapnya.

Dirjen Minerba Kementerian ESDM Thamrin Sihite sebelumnya mengatakan pihaknya masih terus melakukan pengumpulan data dari Freeport. Pihaknya masih mempelajari struktur batuan dan kemiringan lereng untuk mengetahui penyebab runtuhnya Big Gosan.

Thamrin menegaskan, Pemerintah tidak akan membuka tambang terbuka Grassberg jika tim investigasi belum mengeluarkan rekomendasi. Bahkan Pemerintah akan memperpanjang waktu kerja tim tersebut jika belum mendapatkan hasil yang lengkap hingga masa kerjanya berakhir.

Seperti diketahui, insiden longsor di Big Gossan dan Deep Ore Zone beberapa lalu membuat Kementerian ESDM membuat tim investigasi independen untuk menyelidiki kejadian di tambang emas tersebut.

Editor : Ismail Fahmi

http://www.bisnis.com/tambang-grassberg-nasib-proyek-diputuskan-pekan-ini

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s