Terminal Regasifikasi ARUN Selesai Oktober 2014

Lili Sunardi   –   Kamis, 20 Juni 2013, 17:27 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA–Proses alih fungsi kilang gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Arun menjadi terminal regasifikasi akan selesai pada Oktober 2014 mendatang, sehingga dapat mengalirkan gas menuju pembangkit listrik milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) di Medan dan Aceh.

Direktur Gas PT Pertamina (Persero) Hari Karyuliarto mengatakan Oktober 2014 mendatang terminal LNG Arun akan mulai beroperasi secara komersil dan digunakan oleh Pertamina dan pihak yang membeli gas. Pengoperasionalan terminal LNG itu dilakukan setelah perseroan melakukan uji coba pada September 2014.

“Kami sudah menyelesaikan keputusan akhir investasi untuk revitalisasi Kilang Arun ini. Paket rekayasa, pengadaan dan konstruksi [engineering, procurement and construction/EPC] akan dilaksanakan PT Rekayasa Industri (Persero), setelah itu uji coba pada September 2014 dan beroperasi secara komersial sebulan setelahnya,” katanya di Jakarta, Kamis (20/6).

Rencananya gas dari fasilitas regasifikasi itu akan dialirkan menuju pembangkit listrik milik PLN di Medan dan Aceh. PLN sendiri telah menyepakati pokok perjanjian (head of agreement/HoA) pemanfaatan fasilitas tersebut.

Nantinya, gas yang akan dialirkan sebesar 105 juta kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/MMscfd). Untuk perjanjian jual beli gas (PJBG) dengan PLN, akan ditandatangani sesaat sebelum proses konstruksi selesai.

Kepala Divisi bahan bakar minyak (BBM) dan gas PLN Suryadi Mardjoeki sebelumnya mengungkapkan perseroan nantinya akan membayar biaya regasifikasi LNG dan transportasi ke Pertamina. HoA itu juga nantinya akan menentukan berapa volume yang dialirkan dan kapan pasokan gas itu dapat dialirkan, termasuk biaya yang harus dibayarkan PLN.

“Kisaran biaya regasifikasinya sekitar US$1,2 hingga US$1,6 per british thermal unit (MMBTU). Kalau dengan asumsi biaya transportasi sebesar US$1 per MMBTU, maka total biaya yang dibayarkan sekitar US$2,25 hingga US$2,6 per MMBTU. Tapi kan kami belum mengetahui pastinya,” ungkapnya.

Selain ke PLN, gas dari fasilitas regasifikasi Arun juga akan dialirkan menuju industri yang ada di Medan yang diperkirakan membutuhkan gas sebesar 40 hingga 120 MMscfd. Pasalnya, pipa yang membawa gas dari Arun ke Medan memiliki kapasitas hingga 200 MMscfd.

Editor : Ismail Fahmi

http://www.bisnis.com/terminal-regasifikasi-arun-selesai-oktober-2014

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s