INALUM: Pemerintah Kuasai 100% Saham Per 1 Nov.

Anggi Oktarinda   –   Senin, 24 Juni 2013, 12:16 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA— Terhitung mulai 1 November 2013, 100% saham PT Indonesia Asahan Aluminum (Inalum) diambil oleh Pemerintah RI.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menuturkan pemerintah RI siap mengambil alih seluruh kepemilikan PT Inalum dari Jepang yang saat ini dikelola oleh konsorsium Nippon Asahan Aluminium (NAA).

“Tanggal 1 November sudah 100% milik Indonesia,” ujar Hidayat usai menghadiri pelantikan Hakim Konstitusi di Istana Negara, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/6/2013).

Hidayat mengaku belum dapat mengungkapkan harga pembelian PT Inalum karena kedua pihak masih melakukan negosiasi. Namun, lanjutnya, Menteri Keuangan telah menyiapkan dana senilai Rp7 triliun untuk akuisisi tersebut.

“Nilainya Rp7 triliun seperti yang sudah disepakati di DPR. Kalau ternyata kurang, diminta lagi. Tapi kalau kelebihan ya dikembalikan. Masih ada waktu. Rp7 triliun itu sudah mencukupi,” ujarnya.

Saat ini, ujarnya, pemerintah masih menjajaki proses perpindahan kepemilikan perusahaan, khususnya soal teknis.

“Masih perundingan teknis. Soal harga, masih berlangsung. Setiap minggu ada tim lawyer kami. Kami ingin pengambilalihan berlangsung dengan benar baik dari sisi hukum dan komersil,” ujar Hidayat.

Saat ini, pemerintah Indonesia memiliki 41,13% saham PT Inalum, sisanya sebesar 58,87% dimiliki oleh konsorsium NAA.Konsorsium ini beranggotakan Japan Bank for International Cooperation (JBIC) sebagai wakil pemerintah Jepang dan 12 perusahaan swasta Jepang.

Kontrak kerja sama pengelolaan PT Inalum oleh Jepang akan berakhir pada Oktober tahun ini. (ltc)

Editor : Linda Teti Silitonga

http://www.bisnis.com/inalum-pemerintah-kuasai-100-saham-per-1-nov

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s