Tambang Terbuka Freeport Sudah Diizinkan Beroperasi Lagi

Senin, 24 Juni 2013 | 17:38

NUSA DUA- Menteri ESDM Jero Wacik mengemukakan bahwa PT Freeport Indonesia telah mendapatkan persetujuan untuk mengoperasikan kembali area tambang terbuka (open pit) sejak Minggu (23/6).

“Demi rakyat, ya kami izinkan yang open pit untuk beroperasi kembali, Minggu kemarin,” kata Jero di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin.

Keputusan itu, menurut dia, atas beberapa pertimbangan. Para pekerja tambang Freeport yang “dirumahkan” sementara waktu akibat terjadinya insiden tambang beberapa waktu silam berkeluh kesah padanya agar dibuka kembali izin tambang terbuka supaya mereka dapat kembali bekerja.

“Rakyat yang bekerja di sana, menganggur lama, mereka komplain. Pak, kami tidak bisa makan kalau menganggurnya terlalu lama, tolong, Pak,” kata Jero.

Selain itu, pihak Freeport juga meminta hal yang sama. Permintaan tersebut juga diperkuat oleh Bupati Papua yang sebelumnya telah mengirim surat kepada Jero terkait izin dibuka kembali untuk tambang terbuka.

“Berdasarkan pertimbangan itu, maka yang open pit, kami bisa beri izin untuk beroperasi. Tujuannya agar lapangan kerja bergerak lagi di sana,” tuturnya.

Sementara untuk tambang bawah tanah, menurut dia, masih belum diizinkan beroperasi karena menunggu selesainya penyelidikan oleh tim investigasi pada seluruh titik yang ada di terowongan bawah tanah tersebut.

Freeport langsung menghentikan seluruh kegiatan tambang dengan tingkat produksi 220.000 ton bijih per hari pascatragedi yang menewaskan 28 pekerjanya itu.

Produksi bijih tersebut berasal dari Grasberg sebesar 140.000 ton per hari dan tambang bawah tanah, “Deep Ore Zone” (DOZ) 80.000 ton per hari. (gor/ant)

http://www.investor.co.id/energy/tambang-terbuka-freeport-sudah-diizinkan-beroperasi-lagi/63444

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s