Wamen ESDM: Ada Investor Tertarik Kelola Geothermal Bali

Rabu, 26 Juni 2013 | 13:28

NUSA DUA – Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM) Susilo Siswoutomo mengatakan sudah ada investor yang tertarik untuk mengelola sumber energi panas bumi atau geothermal yang terdapat di Pulau Dewata.

“Sumber daya energi panas bumi di Bali apabila dimanfaatkan dengan baik dapat memasok listrik ke daerah itu mencapai 200 megawatt, dan investor yang ingin mengelolanya sudah ada,” kata Siswoutomo usai membuka Gelar Potensi Investasi Daerah di Nusa Dua, Rabu.

Dia mengatakan pemilik modal yang berminat mengelola sumber daya energi itu berasal dari dalam negeri.

Mengenai jumlah modal yang akan ditanamkan tidak banyak karena pemanfaatan dan pengembangan sumber daya energi tersebut tidak memerlukan biaya yang mahal karena sangat murah.

Saat ini di wilayah tersebut telah ada tiga sampai empat sumur yang bila dibuka dapat menghasilkan energi listrik bagi Pulau Dewata sebanyak 10 megawatt. “Untuk bisa menyuplai energi listrik sebanyak 200 mega watt diperlukan sekitar 25 sumur,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk membuat satu sumur dibutuhkan sekitar dua hektare yang dimanfaatkan untuk memasang infrastruktur dan sarana pelengkap lainnya. “Akan tetapi pemanfaatan sumur-sumur yang sudah disiapkan tersebut masih menunggu izin dari pemerintah provinsi setempat, sedangkan masyarakat sekitarnya sudah menyetujui,” ucapnya.

Siswoutomo mengatakan, untuk kawasan Bali tidak terlalu banyak membutuhkan gas, paling hanya untuk memenuhi kebutuhan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Gilimanuk dan Pemaron. (ant/gor)

http://www.investor.co.id/energy/wamen-esdm-ada-investor-tertarik-kelola-geothermal-bali/63598

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s