KINERJA FREEPORT: Produksi Grasberg Kembali Normal

Lili Sunardi   –   Senin, 01 Juli 2013, 16:11 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA-PT Freeport Indonesia mampu memproduksi 140.000 ore (bijih) emas dan tembaga per hari dari tambang terbuka Grasberg sejak diizinkan untuk beroperasi kembali pada 22 Juni 2013.

Presiden Direktur Freeport Indonesia Rozik B Soetjipto mengatakan saat ini produksi dari tambang Grasberg telah kembali normal. Perusahaan pun terus menjaga keberlangsungan produksi di Grasberg untuk mengkompensasi masih ditutupnya tambang bawah tanah deep ore zone (DOZ).

“Kami masih menunggu izin untuk beroperasinya kembali tambang bawah tanah kami. Sekarang produksi hanya dari surface mining [tambang terbuka] sekitar 140.000 ton per hari. Nah kami tinggal menjaga lebih sustainable-nya,” katanya, Senin (1/7/2013).

Rozik mengungkapkan ditutupnya fasilitas tambang bawah tanah membuat perusahaan harus menghitung kembali target produksi untuk tahun ini. Pasalnya, pertambangan bawah tanah perusahaan saat ini telah memasuki wilayah dengan kandungan logam yang lebih baik.

Awalnya, PT Freeport Indonesia optimistis dapat mendongkrak produksi emasnya hingga mencapai 1,3 juta ons troy tahun ini. Jumlah tersebut lebih tinggi sekitar 44,4% dibandingkan dengan produksi 2012 lalu yang sebesar 900.000 ons troy.

Keyakinan perusahaan ditopang dengan tahapan penambangan (mine sequencing) yang telah memasuki kandungan logam yang lebih tinggi. Sementara jumlah produksi bijih pada 2012 lalu mencapai 165.000 ton per hari, atau turun sekitar 0,6% dari tahun sebelumnya yang sebanyak 166.000 ton per hari.

Sementara produksi emas perusahaan pada kuartal I-2013 mencapai 212.000 ons troy atau turun 7,4% dibandingkan dengan realisasi produksi pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 229.000 ons troy.

Editor : Yusran Yunus

http://www.bisnis.com/kinerja-freeport-produksi-grasberg-kembali-normal

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s