SAHAM INALUM: Pemprov Sumut Kaji Kepemilikan Konsorsium

Sukirno   –   Minggu, 30 Juni 2013, 06:53 WIB

BISNIS.COM, MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatra Utara masih mengkaji keputusan pemerintah pusat untuk mengakuisisi saham PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) yang nantinya dimiliki secara konsorsium.

Pemerintah pusat menyiapkan dana Rp7 triliun guna merealisasikan akuisisi seluruh saham PT Inalum dan telah disetujui oleh DPR.

Dalam perjanjian induk disebutkan bahwa kerja sama proyek Inalum akan berakhir pada 31 Oktober 2013, yang artinya mulai 1 November 2013 perusahaan aluminium ini akan menjadi milik Pemerintah Indonesia.

Wakil Gubernur Sumatra Utara Tengku Erry Nuradi mengaku belum mendapatkan informasi yang lengkap terkait rencana akuisisi Inalum. Dia berjanji akan mempelajari terlebih dahulu proses akuisisi tersebut.

“Nanti saya pelajari dulu, saya belum dapat berkomentar. Saya belum dapat informasi, akan saya cek dulu kan ada kabupaten/kota juga,” ujarnya kepada Bisnis akhir pekan lalu, Jumat (28/6/2013).

Sekretaris Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumatra Utara M. Ismael Sinaga menjelaskan rencana akuisisi saham Inalum sedang disiapkan oleh Pemprov Sumut.

“Nanti dilihat skemanya, itu kewenangan pemerintah pusat, arahnya konsorsium dengan Pemda, nanti ada mekanisme, perundang-undangannya jelas, akan dibuat konsorsium,” kata dia.

Saat ini, pemerintah Indonesia memiliki 41,13% saham Inalum, sisanya 58,87% dimiliki oleh konsorsium NAA. Konsorsium ini beranggotakan Japan Bank for International Cooperation (JBIC) sebagai wakil pemerintah Jepang dan 12 perusahaan swasta Jepang.

Editor : Ismail Fahmi

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s