Hasil Tambang: Royalti Bagi Negara Perlu Ditambah

Rustam Agus   –   Rabu, 10 Juli 2013, 04:45 WIB

BISNIS.COM, SANGATTA–Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) akan memperjuangkan agar perusahaan pertambangan batubara baik pemegang kontrak karya pemegang izin PKP2B maupun perusahaan izin usaha tambang IUP untuk membayar royalti minimal 25%.

Menurut Ketua Apkasi Isran Noor, selama ini kontrak karya pemegang izin PKP2B membayar royalti kepada negara sebesar 13,5% dan perusahaan izin usaha tambang IUP bervariasi antara 3%-7%.

“Perjuangan Apkasi berikutnya adalah perusahaan pertambangan batubara PKP2B dan IUP wajib membahyar minimal 20% royalti kepada Negara,” katanya, tulis Antara, Rabu (10/7/2013).

Isran Noor menegaskan, dari 13,5% royalti yang dibayar kepada negara, pemerintah daerah hanya memperoleh 3%.

Hal ini, katanya harus direvisi arena tidak sesuai dengan amanat undang-undang 1945 dan konstitusi negara, bahwa seluruh kekayaan yang terkandung didalamnya, air, bumi laut dan yang terkandung didalamnya dikuasai dan dikelola negara dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat.

“Royalti PKP2B hanya 13,5% dan IUP bervariasi 3%-7% tidak mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat jika dibandingkan dengan dampak yang diakibatkan aktivitas tambang,” kata Isran Noor.

Terkait konflik tambang yang tidak kunjung selesai di daerah Lembaga, Isran meminta agar semua pihak, pemerintah daerah, DPRD tokoh masyarakat dan mahasiwa agar menyelesaikan dengan baik.

Sebanyak 405 bupati di seluruh Indonesia ini akan sepakat agar royalti bisa meningkat sehingga masyarakat sekitar benar-benar menikmati. (ra)

Editor : Rustam Agus

http://www.bisnis.com/hasil-tambang-royalti-bagi-negara-perlu-ditambah

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s