SKK Migas Diusulkan Kembali Seperti BP Migas

Lili Sunardi   –   Rabu, 10 Juli 2013, 12:15 WIB

bisnis.com, JAKARTA— Dominannya perusahaan migas asing menyebabkan negara masih memerlukan badan independen yang menjadi perantara dalam industri hulu minyak dan gas bumi (migas) nasional.

Bobby Rizaldi, anggota Komisi VII DPR pihaknya akan mengusulkan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) kembali berbentuk badan hukum milik negara yang independen. Hal itu diperlukan untuk menghindari negara terlibat langsung dalam persoalan hukum dengan perusahaan migas asing.

“Dengan komposisi perusahaan migas asing yang 75% di dalam negeri mengakibatkan negara butuh perantara agar persoalan hukum seperti kasus Karabodas tidak kembali terjadi. Makanya bentuk yang paling ideal adalah lembaga independen yang terpisah dengan kementerian,” katanya di Jakarta, Rabu (10/7/2013).

Bobby mengungkapkan nantinya badan independen itu akan berbentuk seperti Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) dengan tambahan fungsi komersial. Dengan begitu, SKK Migas dapat menjalankan bisnis jual dan beli gas tanpa harus menunjuk kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) pelaksana kontrak.

Sementara itu, pengamat energi dari ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro mengatakan harusnya Pemerintah dan DPR lebih berhati-hati dalam menentukan bentuk SKK Migas dalam revisi UU Migas nanti. Alasannya, BP Migas saat itu dibubarkan karena berbentuk badan hukum milik negara dan kemudian fungsinya dianggap bertentangan dengan konstitusi.

“Bentuk BP Migas sebagai BHMN ini juga kan yang belakangan memunculkan konsekuensi temuan BPK yang menyebut lembaga itu telah melanggar mekanisme keuangan negara,” ungkapnya.

Menurutnya, Pemerintah dan DPR harus memilih apakah SKK Migas nanti berbentuk lembaga negara atau badan usaha milik negara (BUMN) yang berdiri sendiri dengan mekanisme keuangan yang jelas. “Tetapi kalau yang diawasi adalah kegiatan bisnis, akan lebih ideal jika bentuk SKK Migas nantinya adalah BUMN,” tuturnya. (ltc)

Editor : Linda Teti Silitonga

http://www.bisnis.com/skk-migas-diusulkan-kembali-seperti-bp-migas

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s