Lelang Pembangunan Kilang Sulit Dilakukan

Lili Sunardi   –   Rabu, 17 Juli 2013, 19:53 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Mekanisme lelang pembangunan kilang minyak di dalam negeri sulit dilakukan, karena membutuhkan desain kilang yang disesuaikan dengan jenis dan lamanya pasokan minyak bumi untuk kilang itu.

Ali Mundakir, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) mengatakan hingga saat ini belum ada satu negara pun yang melakukan lelang untuk membangun kilang. Pasalnya, pembangunan tersebut memerlukan kepastian pasokan minyak dan keekonomian kilang itu sendiri.

“Mekanisme lelang itu sulit dilakukan, karena keekonomian antara kilang yang satu dan kilang lainnya berbeda. Apalagi, kilang itu harus dibangun dengan desain yang spesifik sesuai dengan jenis minyak mentah dan produk yang akan dihasilkannya,” katanya di Jakarta, Rabu (17/7/2013).

Sebelumnya, Kementerian ESDM meminta Pertamina mencari mitra melalui mekanisme tender untuk membangun kilang di dalam negeri. Tender tersebut dilakukan dengan persyaratan dan tawaran insentif yang diberikan  Kementerian Keuangan.

Opsi tersebut muncul setelah Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan menilai insentif yang diminta Kuwait Petroleum Company dan Saudi Aramco Asia Company Ltd berlebihan. Dalam proposalnya, kedua perusahaan Timur Tengah itu meminta tax holiday selama 30 tahun untuk membangun kilang di dalam negeri.

Meski sulit, Ali melanjutkan, akan melaksanakan tender itu jika pemerintah memutuskannya. Akan tetapi, Pertamina tidak menjamin mekanisme tender tersebut menarik bagi perusahaan asing untuk membangun kilang di dalam negeri, karena perusahaan asing tersebut memiliki pertimbangan keekonomian sendiri.

Afdal Bahauddin, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina sebelumnya mengatakan anggaran perseroan belum cukup untuk membangun kilang di dalam negeri. Pertamina juga tidak dapat melakukan pinjaman pendanaan dari pihak lain untuk membangun kilang, karena tingginya risiko di industri kilang minyak.

Editor : Martin Sihombing

http://www.bisnis.com/lelang-pembangunan-kilang-sulit-dilakukan

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s