Pemerintah Diminta Kompak Soal Saham Newmont

Inda Marlina   –   Rabu, 17 Juli 2013, 20:09 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Selama Periode 9 hari sebelum masa perpanjangan sales purchase agreement (SPA) divestasi PT. Newmont Nusantara Tenggara berakhir, pemerintah seharusnya memiliki satu suara agar saham sebesar 7% dari perusahaan tambang Amerika Serikat itu sesuai dengan salah satu ketentuan UU No.4/2009 mengenai pembagian divestasi.

Lin Che Wei, analis finansial  dan pendiri lembaga riset KATADATA, mengatakan pemerintah telah kehilangan momentum penting pembelian divestasi saat harga emas sedang tinggi. Saat harga emas telah turun 25% pada semester I 2013, bola panas divestasi bahkan masih bergulir. Dia menambahkan, pembagian saham ini seharusnya berada di pihak yang kompeten.

“Jangan sampai pembagian divestasi Newmont ini mengatasnamakan daerah hanya untuk kepentingan pemburu rente,” ujarnya  hari ini, Rabu (17/7/2013).

KATADATA memaparkan hasil dari riset mengenai kemungkinan opsi yang dapat mengambil saham tersebut.

Dari keempat opsi sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.24/2012 mengenai pembagian divestasi, lembaga riset tersebut mengacu kemungkinan besar yang dapat membeli saham Newmont adalah opsi ketiga, yaitu konsorsium Danareksa selaku BUMN. 

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s