Pemerintah Mulai Garap Kilang Didanai APBN

Lili Sunardi   –   Selasa, 13 Agustus 2013, 15:45 WIB

Bisnis.com, JAKARTA–Pemerintah mulai menggarap pembangunan kilang yang didanai oleh anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dengan menyiapkan aturan dan menyelesaikan studi kelayakan (feasibility study/FS).

Umi Asngadah, Direktur Pembinaan Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, mengatakan pihaknya saat ini mengkaji lokasi yang layak untuk membangun kilang itu. padahal, awalnya, kilang yang didanai APBN akan dibangun di Sumatra Selatan.

Bersamaan dengan itu, Kementerian ESDM juga menyusun draft Peraturan Presiden (Perpres) mengenai pembiayaan kilang itu yang rencananya menggunakan anggaran tahun jamak. Rencananya, pembangunan kilang itu memerlukan investasi mencapai Rp90 triliun, sehingga tidak dapat dibiayai anggaran dalam satu tahun.

“Kami harapkan konstruksinya dapat dilakukan 2 tahun lagi, saat ini kan baru FS yang digarap Pertamina, kami juga sedang mengkaji lokasi yang ideal. Selain itu, sedang disusun juga draft Perpres mengenai pembiayaan yang menggunakan anggaran tahun jamak,” katanya di Jakarta, Selasa (13/8).

Tahun ini, pemerintah telah mengucurkan Rp17 miliar kepada Pertamina untuk menggarap studi kelayakan pembangunan kilang itu. setelah studi kelayakan selesai, maka pemerintah akan mulai mengerjakan desain rinci (front end engineering design/FEED).

Awalnya, FEED kilang itu direncanakan meniru milik Irak. Tetapi hal itu tidak dapat dilakukan, karena FEED milik Irak hanya bisa digunakan untuk kilang yang dibangun di negaranya sendiri.

“FEED itu sangat spesifik, karena menentukan konfigurasi kilang, sehingga tidak bisa dipakai di Indonesia. Jadi kami akan susun dari awal lagi,” jelasnya.

FEED itu, lanjut Umi, tetap disusun dengan asumsi mendapat pasokan minyak mentah dari Irak, karena sudah ada nota kesepahaman pasokan minyak. “Pasokan minyaknya minimal 150.000-300.000 bph. Kami tidak ingin bergantung pada Irak,” ungkapnya.

Editor : Ismail Fahmi

http://www.bisnis.com/pemerintah-mulai-garap-kilang-didanai-apbn

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s